Salah satu regu Pocil unjuk kebolehan dalam baris-berbaris di depan para juri dalam lomba Pocil yang digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Pemkab Empatlawang,
Selasa (16/5).

EMPATLAWANG, HS – Sebanyak 4 (empat) regu Polisi Cilik (Pocil) tingkat SD dan empat regu Pocil tingkat SMP, berebut menjadi terbaik dalam lomba Pocil yang digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Pemkab EmpatLawang, Selasa (16/5).

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empatlawang, Agusni Efendi melalui Kasi kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empatlawang, M Zuhdi mengatakan dalam ajang lomba Pocil yang diselengarakan kali ini, juara satu dan dua akan mewakili Kabupaten Empatlawang ke tingkat provinsi dalam ajang yang sama yang dilaksanakan sekitar bulan Juli mendatang.

“Tujuan dari lomba Pocil ini mengenalkan siswa agar terciptanya disipin berlalu lintas sejak usia dini,” ungkap M Zuhdi kepada wartawan saat dibincangi di sela-sela kegiatan.

Menurut M Zuhdi, pelaksanaan lomba Pocil ini setiap tahun digelar di tingkat SD dan SMP peserta perwakilan masing-masing Kecamatan dan Polsek, “Tidak hanya itu bagi regu yang menang berhak menerima sertifikat dan pembinaan serta piala,” katanya.

Lanjut Zuhdi, pelajar SD dan SMP yang tergabung dalam Pocil ditanamkan nilai-nilai kedisiplinan sejak dini dan tidak hanya disiplin waktu dan baris berbaris, namun dalam segala sendi-sendi kehidupan.

“Sehingga wajar bila Pocil dikatakan mampu membentuk karakter anak lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Empatlawang, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kasat Lantas Polres Empatlawang, AKP Budi Harto turut menyampaikan jika peserta lomba dapat selalu semangat dan menjaga kekompakan dalam regu Sebab, pemenang akan tampil mewakili Polres Empatlawang pada tingkat Provinsi Sumsel nanti.

“Semangat, tanamkan mental disiplin dan kekompakan,” kata Budi seraya menyebut dua kriteria penilaian oleh dewan juri yakni dari segi baris-berbaris dan 12 gerakan dan variasinya, diiringi musik. (ELW)

Salah satu regu Pocil unjuk kebolehan dalam baris-berbaris di depan para juri dalam lomba Pocil yang digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Pemkab Empat Lawang Selasa (16/5).