JAKARTA,HS – Info resmi KPU tentang penetapan kursi dan calon anggota DPR RI terpilih dalam Pileg 2019 membawa suasana gembira di antero Sumatera Selatan. Ini karena mantan Gubernur Sumsel dua periode H Alex Noerdin ikut ditetapkan sebagai anggota DPR RI. Harapan pun muncul dari banyak kalangan mulai akademisi, aktivis, hingga masyarakat khusunya di daerah pemilihan Sumsel II. Mereka berharap kiprah Alex Noerdin di DPR RI bisa melampaui capaian semasa memimpin Bumi Sriwijaya.

H Alex Noerdin, Mantan Gubernur Sumsel dua periode meraih 145.622 suara.

“Hari ini kita sangat bersyukur, KPU telah resmi menetapkan 575 anggota legislative terpilih yang salah satunya beliau (Alex Noerdin, red). Tak terlepas dari sosok beliau yang sudah benar-benar mengakar di Sumsel. Sehingga sambutan masyarakat tiap beliau turun berkampanye sangat luar biasa,” tutur Direktur Eksekutif Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis kepada sejumlah wartawan di Jakarta.

Ditambahkan Mukhlis yang mantan Ketua KPU Palembang ini, perolehan suara Alex Noerdin dalam Pemilu lalu terbanyak di antara semua calon terpilih se Sumsel. Hal tersebut tak terlepas kerja keras beliau selama memimpin Sumsel 10 tahun terakhir yang memiliki banyak prestasi dan melekat di hati masyarakat.

Terpisah, pengamat politik Ardyan Saptawan mengungkapkan prestasi caleg di masa lalu dan pendekatan kampanye yang tepat menjadi hal sangat berkesan pada pemikiran pemilih. “Selamat kepada Bapak Alex Noerdin yang terpilih menjadi anggota DPR RI perode 2019-2024. Pilihan rakyat tentu tidak terbatas pada dikenalnya caleg, melainkan juga pada prestasi caleg selama ini,” tutur Ardiyan.
Menurut akademisi UNSRI ini, dalam pemilu serentak yang ongkos politik sangat tinggi seperti saat ini dan banyaknya caleg yang muncul dengan cara pendekatan variatif membuat para pemilih bingung menentukan pilihannya. Bersamaan hal tersebut secara individual pemilih juga ingin ada jaminan bahwa melalui meilih caleg yang tepat maka masa depannya akan lebih baik dari saat ini.
“Demikian halnya dengan Bapak Alex Noerdin, selama beliau menjadi pejabat mulai dari Bupati Musi Banyuasin dilanjutkan sebagai Gubernur Sumsel sampai 2018 telah banyak menorehkan prestasi fenomenal bagi Sumsel sehingga hal tersebut sangat diingat oleh para pemilih dengan baik,” ujar Ardiyan.

Terpilihnya Alex Noerdin, tambah Ardiyan menjadi salah satu caleg adalah wujud apresiasi masyarakat Sumsel sekaligus mengamanahkan kepadanya untuk sukses memperjuangkan aspirasi mereka dalam kebijakan Negara nantinya.

Sementara itu, aktifis Muhammadiyah Muara Enim Tahta Al Djamaz mengungkapkan harapannya Alex Noerdin dapat menjalankan tugas nantinya sebagai legislator yang dapat membawa kesejahteraan di Sumsel khususnya.

“Saya sudah lama mengagumi beliau. Alex Noerdin merupakan sosok peradaban Sumsel. Bagaimana tidak, dulu Sumsel merupakan provinsi yang tidak terkenal sampai kemudian dipimpin beliau selama dua periode menjadi provinsi yang terdepan dan terkenal bahkan sampai mendunia,” tutur Tahta.

Tahta yakin Alex Noerdin mampu memberikan konstribusi positif bagi Sumsel. Jadirnya sosok Alex Noerdin sebagai legislator yang berasal dari Sumsel akan memberikan nilai lebih bagi masyarakat.

Seperti diumumkan KPU dalam rapat pleno, sembilan partai politik dinyatakan lolos. Ketua KPU Arief Budiman membacakan penetapan ini dalam Rapat Pleno Terbuka yang dihadiri juga Bawaslu, Komisi II DPR RI serta petinggi Parpol, Sabtu (31/8) pagi. Salah satu yang ditetapkan sebagai legislator terpilih adalah H Alex Noerdin, Mantan Gubernur Sumsel dua periode dengan perolehan 145.622 suara. Alex Noerdin dicalonkan melalui Golkar Daerah Pemilihan