PALEMBANG,HS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang melakukan rapat rekapitulasi, guna memastikan jumlah dukungan bakal calon perseorangan yang maju pada pemilihan walikota dan wakil walikota Palembang, pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Jumat (9/2/2018).

Dalam rapat ini, KPU Kota Palembang memastikan pasangan yang maju lewat jalur independen M Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji (Akhor) ikut menyusul tiga paslon yang telah lolos terlebih dahulu.

Calon Walikota Palembang M Akbar Alfaro saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat senang hasil rapat pleno kpu hari ini menyatakan. Pasangan Akhor lolos memenuhi syarat sebagai. Paslon dari jalur independen.

“Alhamdulilah, selakangkah lagi nunggu penetapan pada tanggal 12 Februari nanti, minta doanya. ,” ujar Alfaro

Ia juga menambahkan, ia juga berterimah kasih kepada kpu, panwaslu serta masyarakat Palembang yang sudah memberikan dukungan kepada pasangan Akhor.

“Ya, kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Palembang yang sudah mendukung pasangan Ahkor lewat jalur independen,” jelasnya

Sementara itu Hernoe Roesprijadji menambahkan, pihaknya sangat bersyukur lolos lewat jalur independen.

“Alhamdulillah, satu tahap telah dilalui. Mohon doanya untuk bertarung dalam kompetisi pilkada Walikota dan Wakil Walikota Juni nanti,” tuturnya

Ketua KPU Kota Palembang Syarifudin saat ditemui usai rapat mengungkapkan, dari hasil rekapitulasi bapaslon perseorangan Akhor pada perbaikan berjumlah 55.877. Setelah ditambah dari hasil sebelumnya bapaslon Akhor mendapatkan dukungan sebanyak 82.585, artinya bapaslon memenuhi syarat untuk maju pada penetapan calon.

“Dengan hasil ini Bapaslon Akhor Memenuhi Syarat maju ketahap selanjutnya,” ujar Syarifudin setelah melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi, bertempat di Aula Demokrasi, KPU Kota Palembang.

Diketahui pada masa perbaikan, Bapaslon Muhammad Akbar Alfaro – Hernoe Roesprijadji (Akhor) diwajibkan menyerahkan dukungan sebanyak 95.300 guna lolos ke tahap lanjutan. Sebelumnya pada tanggal 20 januari lalu, Akhor datang ke KPU Kota Palembang untuk menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 102.736 suara melebihi batas syarat yang telah ditentukan.

Rencananya KPU akan mengumumkan penetapan calon pada tanggal 12 Febuari mendatang di KPU Kota Palembang. Penetapan tersebut nantinya akan dilakukan oleh setiap KPU di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Untuk Pilkada Sumsel sendiri rencananya akan dilakukan serentak di 9 kabupaten dan kota.