PALEMBANG,HS – Sebanyak ribuan peserta dari SMP/MTs Negeri dan Swasta kota Palembang sudah mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2017/2018. Salah satunya di SMK Negeri 2 Palembang, dimana terdapat 1.575 peserta mengikuti seleksi tertulis atau akademik.

Mengenai pengumuman sendiri akan dilakukan pada tanggal 7 Juli mendatang. Saat ditemui ruang kerjanya, Ketua Panitia SMKN 2 Palembang Drs Maryono mengatakan saat ini ada berbagai peserta dari SMP/MTs yang ikut seleksi akademik PPDB di SMK Negeri 2 Palembang.

“Dari tahun sebelumnya ada 1.294 yang mendaftar, namun ditahun 2017 ini peminat di SMK Negeri 2 lebih banyak sebanyak 1.575,” katanya.

Lanjutnya, dalam penerimaan ini ada 24 rombel yang disiapkan bagi siswa baru. Kalau dirinci 1 rombel berarti kurang lebih ada 36 siswa yang bakal menempati kelas tersebut.

“Ya, kalau kita jumlahkan ada 864 yang akan diterima. Kemudian waktu lalu ada jalur PMPA dimana ada 226 ikut namun hanya 104 siswa diterima PMPA . Dan sisanya mengikuti jalur seleksi reguler,” jelasnya.

Tes akademik dan peminatnya. Ada 4 mata pelajaran MTK, Bahasa Inggris. Bahasa Indonesia dan IPA dan tes peminatan. Soalnya ada pilihan ganda dan esai, yang dibuat dari guru SMKN 2 Palembang. Dari jam 08:00 WIB sampai 10:00 WIB.

“Kalau yang paling diminati jurisan siswa baru di SMKN 2 Palembang, paling banyak Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL),” ungkapnya.

Untuk pengumuman sendiri akan diumumkan melalui website di sekolah pada tanggal 7 Juli mendatang. Para peserta bisa mengakses di www.smkn2palembang.net.

“Kita juga akan menempel nama peserta yang lulus nantinya, ” Paparnya.

Sementara itu, Muhammad Rafli Al Hasri dari MTsN 1 Palembang mengatakan untuk soalnya sendiri tidak terlalu sulit.

“Saya sendiri hanya bisa optimis bisa masuk di SMKN 2 Palembang. Sebelum mengikuti tes dirinya sudah belajar dengan sungguh-sungguh, mudah-mudahan saya dapat diterima di SMKN 2 ini,”harapnya (HSN)