PALEMBANG,HS – Tol Trans Sumatera dipastikan, Idul Fitri 2019 nanti bisa dilalui oleh kendaraan terutama tol Bakaheuni ke Palembang yang memiliki panjang 363 kilometer.
Hal ini dikatakan langsung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno saat meninjau langsung pengerjaan Tol Kapal Betung Rabu (29/8/2018).
“Artinya dengan adanya tol ini akan mempersingkat jarak dan waktu dari Lampung ke Palembang. Bahkan bisa mencapai sekitar 5 atau 6 jam,” ujarnya
Ia menuturkan, saat ini pihak pekerja tol Trans Sumatra sedang mengebut pembangunan fisik karena ditarget Presiden Joko Widodo untuk selesai 2019 mendatang.
“Insya Allah lebaran 2019 nanti, tol Trans Sumatra ini selesai dan bisa digunakan,” katanya
Ia menyebutkan, dengan tol Trans Sumatra ini tentunya akan mempermudahkan akses transportasi dari Lampung ke Palembang. Tidak hanya itu, didukung dengan adanya kapal cepat dimana dapat menembus antara pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakaheuni hanya satu jam saja.
“Kami sengaja melakukan ekspedisi ini melihat seperti apa perkembangan jalan tol, dari Bakaheuni ke Palembang sudah 363 kilometer. Ditambah dari Jakarta ke Merak sekitar 100 km. Jadi total perjalanan kita sekitar 500 km. Tadi kita juga coba kapal cepat, jadi kalau bawa kendaraan pribadi, bisa dari masuk kapal sampai keluar kapal hanya sekitar 1 jam,” pungkasnya
Tidak hanya itu, kata dia, dalam perjalanan ekspedisi itu tercatat cukup banyak kendala diantaranya ada area-area yang butuh penanganan khusus dan memerlukan waktu yang cukup lama pengerjaan fisik bangunan, diantaranya karena berada di lahan rawa.
“Pengerjaannya ada dengan vakum. Ini memakan waktu. Juga ada terkait dengan pembebasan lahan. Yang jelas target kita 2019 selesai. Memang akan ada sebagian bangunan yang selesai di April 2019 dan sebagian lagi di akhir 2019,” jelasnya.
Ia menjelaskan untuk pengerjaan bangunan di atas rawa, lahan terlebih dulu ada yang divacum dan membutuhkan waktu kisaran 3-4 bulan. Namun berdasar laporan, kata Rini, pada Februari sampai Maret sudah selesai pengerjaaan vacum sehingga bisa dikerjakan pembangunan fisik.