PALEMBANG,HS – Sebagai tuan rumah asian games 2018, Rumah Sakit Umum Muhammad Husein (RSMH) Palembang terus berbenah untuk memberikan kontribusi dan fasilitas medis kepada para tamu, atlet pada asian games nanti. Karna RSMH rumah sakit rujukan nasional dan rujukan Asian Games 2018.

Fasilitas medis seperti poli siaga di setiap sudut Jakabaring seperti medical centre sebagai puskesmas kecil, untuk menangani kasus yang terjadi di lapangan.

Ditektur utama RSMH, Dr. Mohammad Syahril Mansyur mengatakan, Bahwa fasilitas tersebut ditangani oleh dokter-dokter spesialis terbaik mereka.

“Dari pendidikan kedokteran, kami menciptakan dokter muda dengan kualitas baik. Untuk Asian Games persiapan kami pun bekerja sama dengan petugas dinas kesehatan provinsi untuk mengatasi kasus dilapangan, seperti mungkin ada cidera atlet atau sebagainya,” ujarnya minggu (3/5/2018).

Ia juga mengatakan, penangangan kesehatan Asian Games, seperti sistem pertolongan pertama, yang kemudian dirujuk ke beberapa RS termasuk RSMH. Selain medical centre, persiapan lain yaitu RSMH memiliki ambulan khusus sebanyak 5 unit.

“Kasus akan ditangani oleh dokter spesialis seperti dokter jantung, penyakit dalam, anastesi, bahkan perawat, dan bagian farmasi serta apoteker. Nanti akan ada dokter jaga 12 hingga 15 orang per 8 jam. Kemudian seluruh RS akan ada jalur khusus untuk atlet,” pungkasny

Sementara untuk poli siaga sendiri dipastikan tidak akan ada libur, nanti akan ada rawat jalan untuk anak-anak dan untuk dewasa. Semua dokter yang ditugaskan akan standbye untuk menjaga rumah sakit dengan 24 jam.