foto/ ist

PALEMBANG,HS – Polda Sumsel menggeledah sebuah rumah milik penjual tanaman hias sekaligus seorang ustaz di Jalan Residen Abdul Razak, RT 02, RW 1, Kelurahan Kalidoni, Palembang, Selasa (15/5). Belum diketahui tujuan dan latar belakang penggeledahan itu

Menurut Taufik (42), sekuriti perumahan RBO yang berada di sekitaran lokasi penggeledahan, penggeledahan dilakukan sejumlah polisi dengan membawa satu unit mobil. Polisi ada yang menggunakan seragam lengkap dan pakaian preman.

“Ya, tadi ada yang menggeledah rumah Pak Rahman Saleh, saya tidak tahu apa tujuannya, atau terlibat kasus apa,” ungkap Taufik.

Usai penggeledahan, kata dia, polisi membawa seekor ayam dan elpiji dari rumah itu. “Saya lihatnya cuma segitu, tidak tahu apa lagi yang dibawa,” katanya

Ia mengaku cukup dekat dengan pemilik rumah. Rahman Saleh termasuk orang terpandang di kampungnya. Dia dikenal sebagai ustaz yang sering ceramah dan termasuk orang yang bersosialisasi dengan warga sekitar.

“tinggal di sini sudah sepuluh tahun, dia punya dua anak, laki-laki sama perempuan. Istrinya kadang di sini, kadang pulang ke Kenten,” pungkasnya

Sementara pengakuan Komeng (40), tetangganya itu sejak dua hari yang lalu tidak berada di rumah. Selama bertetangga, Rahman Saleh dan keluarganya terbilang santun dan bersosialisasi dengan masyarakat.

“Tidak ada yang mencurigakan, selama ini baik-baik saja. Dia jualan tanaman hias, sering beli jeruk sama saya juga,” ujarnya.

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengaku belum mengetahui adanya penggeledehan. “Saya belum dapat laporan, belum tahu. Nanti saya cek dulu,”
kata Zulkarnain.

Dia juga belum menyebutkan latar belakang dan tujuan penggeledahan, termasuk kaitannya dengan penangkapan dua terduga teroris asal Riau di Palembang kemarin.

“Mungkin kasus lain, tidak ada kaitannya. Nanti saya cari tahu dulu,” tutupmya