PALEMBANG,HS – Memasuki penengahan Ramadhan ini, kereta angkutan lebaran mulai dioperasikan. PT KAI akan melakukan posko Angkutan lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei s.d 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun. Dan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpang kereta api diadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis kepada penumpang kereta mulai H-10 Idul F itri.
EVP Divre III Palembang, Mochamad Purnomosidi menyampaikan, Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, KAI kembali akan menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA (kecuali KA Lokal).
“kegiatan ini berlangsung pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa. pada tahun lalu pembagian hidangan puasa ini berjalan sukses dan menuai tanggapan positif dari penumpang. Oleh sebab itu, KAI melanjutkan program tersebut tujuannya agar penumpang tidak perlu repot-repot mencari atau menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur saat sedang dalam perjalanan,” katanya saat diwawancarai Senin (27/5/2019).
Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 5.908 boks makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang pada saat waktu berbuka/sahur masih di keretanya.
“Takjil dan sahur gratis ini akan dibagikan di stasiun maupun diatas kereta api pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WlB dan pada sahur antara pukul 03.00 04.30. Untuk KA yang mendapatkan Sahur diantaranya KA Sindang Marga (Kenapati-Lubuk Linggau), KA Sindang Marga (Lubuk Linggau Kenapati), KA Limex Sriwijaya (KertapatiTanjung Karang), KA Limex Sriwijaya (T anjung Karang-Kenapati) dan Takjil KA Rasabasa (KenapatiTanjung Karang), (Tanjung Karang-Kertapati), serta para penumpang yang telah berada di Stasiun Kertapati pada jam berbuka,” tuturnya
Selain itu, LRT Sumsel juga memberikan takjil gratis setiap hari kerja, Senin-Jumat sebanyak 200-300 paket takjil untuk penumpang yang naik LRT.
“Pada jam Operasional LRT yang mendekati jam buka yaitu pukul 17.56 maka di bulan Ramadhan yang di sediakan di dalam LRT dan Stasiun. Pembagian dilakukan secara bergantian di setiap Stasiun,” tutupnya