PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel Alex Noerdin meninjau perkembangan pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau yang biasa disebut Alex  sepur dipucuk. Tampak peninjauan LRT berbeda dari biasanya,  Alex mengenakan baju, celana, dan lengkap dengan topi berwarna cokelat, bahkan dalam waktu yang bersamaan Alex rela naik tangga setinggi sembilan meter untuk menyambangi pekerja LRT dan melihat perkembangan pembangunan LRT.

diketahui  progres pembangunan LRT sudah mencapai 40 persen, bahkan beberapa stasiun sudah tampak naik rangka yakni di stasiun Demang Lebar Daun.

“Ditargetkan Desember nanti, semua pengerjaan fisik LRT sudah selesai dan Juni 2018 sudah bisa digunakan untuk masyarakat umum,” ujar Alex Noerdin, Sabtu (4/03) saat mengecek pengerjaan LRT di Zona V Jakabaring.

Sesampai di perlintasan LRT setinggi sembilan meter tersebut, tampak beberapa pekerja LRT terkejut melihat kedatangan Gubernur Sumsel. Bahkan, beberapa pengendara yang melintas tampak berhenti untuk melihat Gubernur Sumsel menaiki tangga LRT

“Naik di atas ketinggian dan bekerja siang-malam, tentu kita harus apresiasi mereka yang terus bekerja untuk penyelesaian infrastruktur di Sumsel,” imbuh suami Eliza

Ia menambahkan, pada Juni 2018 nanti LRT mulai dioperasikan untuk masyarakat umum dan atlet.

“Khusus untuk atlet dan official nantinya akan diberi karcis gratis,” ungkap Alex.

Sudah makan belum kalian, kalau belum payo kito makan,” ujar Alex menyapa pekerja LRT.

Tampak malu-malu pekerja LRT pun menyebutkan baru selesai makan siang ketika ditanya Gubernur. Suasana di lintasan LRT pun sudah kelihatan progresnya hampir selesai, terlihat slep track sudah terpasang di sepanjang lintasan zona Lima LRT.

“Kita harus apresiasi, mereka semangat dan Insya Allah Desember nanti pengerjaan fisik LRT selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pekerja LRT di Zona Lima mengaku kagum dan terkejut dengan kedatangan Gubernur Sumsel. “Kagum dengan pak Alex yang memperhatikan kami pekerja LRT,” ungkap Didi.

Selesai dari menyambangi pekerja LRT, Alex pun beralih ke Jakabaring Sport Center (JSC) tempat venue pelaksanaan Asian Games 2018 nanti. Disana, Alex meninjau venue menembak (shooting range) yang saat ini sedang proses renovasi dan akan digunakan untuk pelaksanaan Asian Games 2018.

Peninjauan diteruskan mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode tersebut menuju Tol Palembang-Inderalaya yang pembangunannya sudah mencapai 45 persen. Saat ini jalan Tol Palembang-Inderalaya terus dikebut, perlu diketahui pengerjaan ruas jalan Tol Palindra sudah mencapai 53 persen.

Dikatakan orang nomor satu di Sumsel, secara keseluruhan pembangunan LRT dan Tol Palindra tidak menemukan kendala, Alex juga nyatakan sangat mengapresiasi pekerja LRT dan Tol Palindra yang bekerja ekstra.

“Panjang Tol Palindra yakni 21,39 kilometer dan memiliki underbridge 13 buah, underpass 3 buah, overpass 7 buah, box pedestarian 5 buah, box culvert 43 buah, JPO 10 buah dan ini semua sudah dikerjakan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi Dr Ahmad Najib, Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesra, Kadis PU CK, Basyaruddin, Sekretaris PMU LRT, Wahidin, Kadispora, Drs. H. Yusuf Wibowo, M.Si, dan Karo Humas Protokol ,Teddy Meilwansyah.(Rilis humas pemprov)