IST

PALEMBANG, HS – Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin, pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Palembang 2018 ialah kandidat petahana Harnojoyo-Fitrianti Agustinda.

Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang nomor urut 1, itu unggul dengan perolehan suara 351.240 suara atau dengan persentase 46 persen. Pasangan ini, unggul jauh di atas pesaing terdekatnya, Sarimuda-Abdul Rozak yang memperoleh 286.027 suara atau 38 persen.

Meski saksi pasangan calon nomor urut 2, Sarimuda-Kgs. Abdul Rozak memilih walk out (wo) sebelum rapat pleno rekapitulasi Pilkada Palembang dilaksanakan, KPU Kota Palembang tetap melanjutkan proses rapat pleno rekapitulasi.

Sementara saksi pasangan calon nomor urut 1, Sulaiman Djahri menyatakan menerima hasil yang ditetapkan KPU karena tidak ada perbedaan antara data yang dimiliki tim saksi dengan hasil rapat pleno.

“Dari hasil rekapitulasi, kami menerimanya. Meskipun ada beberapa kesalahan data dari suara kami. Tapi hal itu tidak berpengaruh pada kemenangan pasangan kami,” jelas Sulaiman, Kamis (05/07/2018).

Sulaiman mengatakan, dengan adanya rekapitulasi secara transparan dan jujur, tidak ada persoalan lagi terhadap hasil yang disampaikan masing-masing panitia Kecamatan.

Dengan telah selesainya hasil ini, maka tahapan selanjutnya adalah, menunggu waktu pencocokan berita acara yang akan memakan waktu selama tiga hari.

“Jadi kalau ada yang keberatan terhadap hasil rapar pleno sesuai dengan aturan yang ada di KPU, diberikan waktu tiga hari,” ulasnya.

Dengan adanya hasil pleno resmi yang disaksikan oleh berbagai unsur seperti aparat kepolisian serta TNI yang dipimpin langsung Kapolresta Palembang dan Dandim 0418 Palembang.

“Kita berharap pasangan lain khususnya pasangan nomor urut 2, legowo terhadap hasil ini karena sudah transparan, dan tidak ada yang dipermainkan,” tandasnya.

Diketahui, pasangan incumbent, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda unggul dengan memperoleh 351.240 suara, kemudian Sarimuda-Kgs. Abdul Rozak yang memperoleh 286.027.

Pasangan calon nomor 3 Akbar-Hernoe berhasil meraih suara dengan besaran 28.921. Untuk pasangan calon nomor 4 Mularis-Syaidina Ali, berhasil diiraih dengan jumlah 90.648.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan yang dilaksanakan KPU Kota Palembang di Aula Demokrasi Lantai 3, jumlah Jumlah Total sah/tidak sah 782.715, sedangkan jumlah suara sah 757.156, sedangkan suara tidak sah 25.559.