PALEMBANG,HS – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi kembali di wilayah Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kecamtan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, diketahui sejak pagi hari yang membakar lahan gambut. Mengetahui adanya hotspot (titik api) tersebut, Komandan Satgas Karhutla Sumsel yang juga sebagai Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono langsung meluncur ke lokasi dan memimpin langsung pemadaman yang dilakukan oleh Satgas Darat bersama Satgas Udara, Sabtu (10/8/2019).

 

Salah seorang warga Iwan mengaku api awalnya berasal dari pembukaan lahan yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. “Api merembet ke lahan pertanian masyarakat, dan lahan kosong serta merembet terus ke pinggiran jalan utama Palembang-Indralaya”, kata Iwan.

 

Dan Satgas Karhutla Sumsel Kolonel Arh Sonny Septiono membenarkan adanya kebakaran lahan di Simpang Dalam Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Dikatakan Kolonel Sonny, ”Saat ini ratusan personel sudah diterjunkan untuk memadamkan api, baik dari personel TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni”, ujar Kolonel Sonny.

 

Selain melakukan pemadaman jalur darat, kita juga dibantu dua helikopter untuk melakukan water bombing, kita terus melakukan upaya pemadaman di sana”, ungkapnya.

 

Lanjut Dansatgas, “Tim darat di sini sangat kesulitan melakukan pemadaman karena sulitnya sumber air. Ditambah lagi di sana tidak ada hujan, udara panas dan angin kencang. Sehingga api dengan mudahnya menyebar luas”, katanya.

 

“Insya Allah, sore ini api bisa dipadamkan, ada dua titik api, kita tidak ingin meluas jadi seluruh kemampuan kita kerahkan dimana ada titik api, ada satu titik aja langsung kita kejar dan kita padamkan”, ujar Kolonel Sonny.