tes narkoba

OI, HALUAN SUMATERA – Satu orang Calon Kepala Desa (Cakades), yang akan bertarung pada Pilkades Oktober 2017 serentak di 175 desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dipastikan gugur lantaran terindikasi narkoba dari hasil tes urin yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OI.

“Sampai akhir penutupan tes bebas narkoba, pada 18 Agustus lalu, tercatat dari 636 cakades yang mengikuti tes di BNN, satu diantaranya gugur karena positif narkoba, dan namanya kami rahasiakan,” ungkap Kepala BNN Kabupaten OI, Masulin Sayuti didampingi  Stafnya Zainal Aripin, Minggu (21/8).

Masulin menjelaskan, awalnya ada tiga orang yang terindikasi positif narkoba, namun dua diantaranya ternyata setelah dites kembali negatif, karena sebelumnya tengah mengkonsumsi obat-obatan akibat kesehatannya terganggu.

“Dua cakades yang terindikasi positif, akhirnya membawa surat keterangan dokter, bahwa sebelumnya telah mengkonsumsi obat dari dokter,  lalu diberi waktu dua hari untuk tidak memakan obat, ternyata  setelah dites lagi negatif. Ada cakades sengaja membawa seorang perawat untuk membuktikan makan obat dari pemberian perawat tersebut. Setelah dites kembali akhirnya negatif,’’ ujar Masulin.

Sementara itu, sambung Masulin, satu orang cakades yang positif narkoba, sudah diberikan arahan untuk direhab. Pihaknya  memberikan rekomendasi untuk  dites di Palembang. “Cakades yang postif narkoba, tidak kembali muncul,” terang Masulin.

Dengan demikian, dari 636 cakdes yang telah menjalani tes narkoba, sebanyak 635  cakades yang telah mengantongi surat bebas narkoba dari BNN. (eL)