PALEMBANG,HS – Dengan adanya penilaian bagi sekolah sehat yang dikeluarkan oleh walikota Palembang, membuat Sekolah Dasar (SD) Negeri 57 Palembang terus berusaha meningkatkan lagi sarana/prasarana dan personil dalam menyongsong lomba UKS yang akan di gelar oleh Pemkot tersebut.

Diantara sekolah yang ditunjuk untuk mewakili sekolah di kecamatan Ilir Timur II, diantaranya, dari TK Matahari, SDN 57 Palembang, SMPN 4 dan SMAN 18 Palembang.

Kepala SDN 57 Palembang H Fazkurullah saat ini dirinya sedang mendapat surat dari bapak Walikota kota Palembang H Harnojoyo, didalam surat tersebut.

Beliau pun menginginkan salah satu SD Negeri yang ada di Kecamatan IT II untuk mengikuti lomba UKS atau sekolah sehat. “Apalagi yang terpilih ini mungkin dilihatnya segi fasilitas, serta tempatnya lebih baik. Sehingga saat ini kita sedang mempersiapkan baik itu sarana/prasarana serta personil-personil yang akan dilibatkan sebagai Pembina dan duta lingkungan sekolah,” katanya.

 

Lomba Sekolah Sehat merupakan salah satu upaya dalam pembinaan dan mengevaluasi peserta dalam program UKS.

 

“Kalau bisa SDN 57 Palembang pada saat lomba UKS nanti, kita ingin bisa mendapatkan penghargaan sebagai sekolah sehat, Memang nanti aka nada beberapa perwakilan dari Kecamatan ikut lomba UKS ini,” jelasnya.

 

Meski baru pertama kali ikut, tapi tujuan diadakannya kegiatan lomba UKS adalah agar anak-anak bisa berpartisipasi dalam lingkungan kesehatan dan kebersihan sekolah dan bisa membantu teman-temannya pada saat di sekolah. Hal yang sangat penting dipersiapkan dalam lomba UKS agar masalah lingkungan dan kantin menjadi bersih.

 

“Seperti orang bilang jika kantin sudah sehat, anak-anak kita juga pasti sehat karena kantin adalah kunci dari kesehatan kita. Terlebih lagi makanan apa yang dijual dan bagaimana pengelolaanya otomatis seluruh warga sekolah akan sehat,” ungkapnya.

 

Memang Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang serta pihak kesehatan, mengharapkan kantin di sekolah Negeri untuk menjual makanan-makanan yang tidak mengandung bahan pengawet. “Makanya kita akan selalu memperbaiki apa yang kurang, sehingga nantinya berharap SD I kecamatan IT II bisa meraih juara pertama tingkat kota Palembang,” tukasnya

 

Sementara itu, Hogo Prayoga salah satu siswa kelas 5 a. Mengatakan, dengan adanya lomba sekolah sehat ini dapat memacu para teman-teman untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Sebab lingkungan yang bersih kita belajar juga menjadi nyaman,”tukasnya (HSN)