Saat siswa SD dari 17 Kabupaten berkompetisi di OSN Tingkat Provins

PALEMBANG,HALUANSUTER.COM -Sebanyak 102 peserta dari 17 kabupaten/kota di Sumsel bertanding di OSN tingkat SD se Sumatera Selatan . mereka yang berkompetisi ini, merupakan yang telah lolos seleksi Olimpiade Sains di kabupaten/kota masing-masing.

Hadir di OSN tingkat SD se-Sumsel ini, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, Kepala LPMP Sumsel, Suyanto, Kabid SD Disdik Palembang, Bahrin, S.Pd.MM dan dan Direktorat pembinaan SD Dirjen Dikdasmen (pendidikan dasar dan menengah), Farida dan Eny.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs. H. Widodo, M.Pd saat membuka kegiatan OSN tingkat SD se-Sumsel mengatakan untuk tidak tegang saat mengisi soal. “Dan untuk yang gak juara jangan menyerah, karena bisa mencoba di bidang lain, olimpiade gak cuma di sains saja,” katanya, saat dibincangi di usai membuka kegiatan OSN di SD IBA Palembang, Kamis (28/3/2019).

Staf Kemendikbud bagian subdit peserta didik, Eny mengatakan kegiatan OSN tingkat SD se-Sumsel ini berlangsung selama 90 menit dan dibagi IPA dan Matematika. “51 peserta OSN IPA, dan 51 peserta OSN Matematika. Untuk standar soalnya itu mengacu kelada kurikulum 2013,” katanya

“Soal OSN ini dibuat dari hasil kerjasama dengan direktorat pembinaan SD dan PTN, untuk jumlah soalnya 51, 40 pilihan ganda dan 11 butir soal essai. Dan yang mengoreksi dari pusat langsung,” ujarnya.

Dia juga mengatakan setelah OSN tingkat provinsi ini akan diambil 3 juara dan akan dikirim ke OSN tingkat nasional. “Tingkat nasional nanti diadakan di Yogyakarta, nanti setiap provinsi dirankingkan dan yang terbaik akan dikirim ke tingkat ASEAN,” katanya.

Sementara itu, Kepala SD IBA, Paidi sebagai tuan rumah OSN tingkat SD selama 4 kali pihaknya sangat bangga dan senang. “Sudah 4 kali jadi tuan rumah tentunya bangga walaupun tahun ini tidak ada dari perwakilan SD IBA namun tahun depan kami menargetkan nasional,” ujarnya.

“Tahun lalu perwakilan atau anak kami sampai tingkat nasional namun tahun hanya sampai juara harapan saja. Tapi kami tidak menyerah dan optimis tahun depan bisa mengejar lagi,” katanya.

Dia juga mengatakan selama pertandingan OSN tingkat SD ini ruangan yang dipakai sebanyak 4 ruangan, 2 ruangan untuk OSN IPA dan 2 ruangan untuk OSN Matematika. (HSB)