ilustrasi Siswa SD Laksanakan USBN

PALEMBANG,HS-Sebanyak 28.360 siswa Tingkat Sekolah Dasar (SD) baik negeri dan swasta hari Kamis (03/04) melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, Rabu (02/05) pihaknya telah membagikan seluruh soal kepada 18 Unit Pelaksanaan Teknis Dasar (UPTD) Pendidikan di kota Palembang. “Semua soal dan lembar jawaban akan di amankan di UPTD masing-masing. Dan hari ini (2/5,red) akan dibagikan soalnya,” kata Zulinto.

Dikatakannya, mengenai soal sendiri di buat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kota Palembang. Setiap pagi sekolah harus mengambil soal di masing-masing UPTD. “MGMP dari masing-masing bidang yang membuat soalnya. Makanya setiap pagi sekolah harusn mengambil soal di UPTD,” tuturnya.

Lanjutnya, bila ada SD yang terkena banjir saat ujian nanti, akan dialokasikan di sekolah yang terdekat. “Kalau memang terjadi kebanjiran akan dialokasikan di sekolah trrdekat. Namun sampai saat ini tidak ada laporan untuk itu. Jadi anak-anak bisa menjalankan ujian dengan baik,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SD Disdik kota Palembang, Samsul Bahrin, S.Pd.MM menuturkan, saat ini yang mengikuti ujian berjumlah 28.360 siswa baik SD dan Madrasah Iftidaiyah (MI). “Jadi SD/MI negeri berjumlah 248 sedangkan yang swasta 89 sekolah,” tuturnya.

Mata pelajaran yang di USBN kan ialah, Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. “Untuk soal cadangan ada 10 persen dari soal keseluruhan. Hasil kelulusan mutlak dari kepala sekolah dan guru,” tutupnya. (HSN)