PALEMBANG,HS – Balai besar pelakasana jalan dan jembatan nasional (BBPJN) akan kembali membenahi Jembatan Ampera pada tahun 2018 nanti karna, Kota Palembang akan menjadi tuan rumah asian games 2018.

Hal ini dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Satuan Kerja Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), Suwarno Senin (18/12/2017).

Menurutnya, pihaknya akan membenahi jembatan ampera dan  telah menganggarkan Rp20 miliar dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 untuk pembenahan, Jembatan Ampera, Pembenahan ini meliputi pengecetan ulang, mengatasi kropos pada tiang jembatan mengingat jembatan tersebut sudah tua dan juga membuat pedestrian pada Jembatan Ampera.

“Untuk pengecetan mungkin warnanya merah dan kuning untuk memberikan kesan cerah saja,” katanya

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Sedangkan untuk mengatasi kropos pada tiang jembatan, pihaknya bakal melakukan tiga langkah tergantung kondisi di lapangan. Seperti contoh; melapisi lagi bagian kropos, menambah kembali struktur pada bagian kropos dan juga mengganti bagian kropos, Meskipun begitu, pihaknya belum dapat memastikannya langkah apa yang diambil karena sampai saat ini tim ahli masih melakukan pengecekan tiang Jembatan Ampera.

“Hasil pengecekan ini nantinta akan keluar pada awal Januari mendatang baru kami akan mengambil langkah,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pembuatan pedestrian di Jembatan Ampera, pihaknya akan mendiskusikan terlebih dahulu kepada Walikota dan DPR karena mereka harus mengetahuinya, Nantinya, jika disetujui maka pihaknya akan mengganti pot tanaman yang saat ini dipajang di Jembatan Ampera dengan kursi sehingga lebih terlihat minimalis. Selain itu, beban Jembatan Ampera pun dapat berkurang.

“Beban manusia itu tidak tetap karena selalu bergerak. Beda halnya dengan beban dari pot. Beban pot itu tetap,” ujarnya.

Ia juga menayampaikan, pihaknya optimis nantinya pembenahan Jembatan Ampera ini dapat selesai sebelum Asian Games 2018 mendatang, Setelah Asian Games mendatang, pihaknya juga berencana akan membuat sebuah cafe di atas Jembatan Ampera. Dimana nantinya akan dipasang lift, teropong dan lain sebagainya. Sehingga, bisa dijadikan salah satu tempat wisata di Kota Palembang. Namun, ini hanya sebatas rencana karena perlu ada persetujuan terlebih dahulu baik dari pemerintah daerah maupun sejarahwan apakah menganggu cagar budaya atau tidak mengingat Jembatan Ampera merupakan cagar budaya di Palembang

“Jadi kami tidak tau apakah rencana ini dapat terealisasi. Tapi, jika terealisasi tentunya akan lebih indah. Namun, memakan waktu yang cukup lama,” tegasnya (MDN)