183315PALEMBANG, Hs – Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin bersama Ketua Dewan Pengurus Nasional Korpri yang juga Dirjen Kependudukan Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, dan Kepala BPJS RI, Fahmi Idris, melaunching Mini Market Korpri Mart, Kafe Sehat Full Gizi Nabati dan Klinik Pratama Korpri di Halaman Gedung Koperasi Korpri Sumsel, Rabu (31/8).

Melalui peresmian tahap pertama ini, Alex mengharapkan, agar Korpri Mart dapat terus dikembangkan di seluruh wilayah Sumsel. Untuk Kota Palembang saja Pemprov Sumsel masih memiliki banyak lahan yang strategis dan bisa dimanfaatkan sebagai Korpri Mart. Menurut Alex, selain harus terus berkembang, Korpri Mart juga harus dikelola dengan manajemen yang baik karena persaingan cukup berat melihat pertumbuhan mini market di Kota Palembang cukup pesat.

“Yang harus ditekankan agar Korpri Mart ini dapat dikelola dengan manajemen yang profesional. Saya harap ini terus berkembang dan dibuka lagi di beberapa tempat,” pinta Alex.

Alex mengungkapkan, peluncuran Korpri Mart dengan menggandeng 14 mitra kerja Korpri Sumsel, mulai dari perbankan, Bulog, dan distributor lainnya merupakan langkah tepat dalam upaya meringankan beban anggota Korpri dengan menyediakan produk kualitas terjamin dan harga yang lebih murah.

“Pertanyaan saya kenapa baru sekarang. Harusnya Korpri Mart sudah dilakukan sejak dulu. Tapi tidak masalah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali,” ujar Alex.

peresmian kopri mart

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Nasional Korpri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Korpri Mart merupakan langkah yang tepat dalam upaya menyejahterakan anggota Korpri. Secara nasional, UMKM berbentuk Indogrosir yang dijalankan Korpri sudah ditetapkan namanya yakni Korpri Mart. Tujuannya, agar Korpri Mart ini sama dan satu nama di seluruh Indonesia.

“Tingkat nasional sudah dirapatkan untuk disepakati seluruh Indonesia UMKM Indogrosir yang dikembangkan Korpri namanya Korpri Mart berlaku diseluruh Indonesia,” ungkapnya.

Zudan menambahkan, saat ini di tingkat Korpri nasional sedang menggagas program untuk menyejahterakan anggota Korpri dengan membangun Toko Online Korpri yang nantinya dapat dimanfaatkan anggota Korpri di Indonesia. Menurutnya, Toko Online Korpri akan digunakan seluruh anggota Korpri di seluruh Indonesia memanfaatkan program ini untuk berbelanja memenuhi kebutuhan.

“Korpri nasional sudah bekerjasama dengan pihak swasta untuk membangun Toko Online Korpri, saat ini sudah ada ribuan produk yang ingin dipasarkan melalui toko Online Korpri,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pengurus Korpri Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan dewan pengurus Korpri Sumsel untuk menyejahterakan anggota Korpri baik melalui Tambahan Pendapatan Pegawai (TPP), program rumah murah bagi PNS golongan rendah, biaya pendidikan bagi PNS dengan syarat di universitas terbaik, kursus Bahasa Inggris, dan bahkan rencana tempat pemakaman khusus anggota Korpri sudah disiapkan.

“Ada delapan langkah nasional dalam menyejahterakan anggota Korpri dan di Sumsel sudah dijalankan keseluruhan,” pungkasnya.