Foto Senam Lansia

Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang berada di Jalan Patio Komplek Pertamina Pendopo pagi tadi (Jumat/12/8l2016) mendadak ramai oleh puluhan orang lanjut usia (lansia).

Bukannya apa-apa, puluhan lansia tersebut beradu kebolehan dalam senam lansia yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten PALI dibawah pimpinan Ir Hj Sri Kustina Amalindo.

Dalam senam lansia itu, peserta yang berasal dari lima kecamatan dinilai ini dan yang terbaik akan diberikan hadiah. Selain tropi, pemenang I, II, dan III juga akan mendapatkan uang pembinaan.

Bupati PALI H Heri Amalindo mengapresiasi apa yang telah dilakukan TP-PKK Kabupaten PALI.

“Dengan adanya kegiatan ini tentu bisa memotivasi Lansia berprilaku sehat, karena Lansia juga mempunyai hak-haknya untuk hidup layak,” ucap Bupati.

Dijelaskan Bupati bahwa menjadi lansia adalah fase hidup yang pasti dijalani mahluk hidup.

“Semakin tua tentu daya tahan tubuh semakin menurun, mengurangi masalah tersebut salah satunya dengan bergerak dan berolahraga. Kalau kita mau hidup lama dan sehat wajib dijaga dan dirawat karena tubuh diibaratkan kendaraan, apabila dipakai setiap hari tetapi tidak pernah ganti oli pasti cepat hancur,” pesannya.

Sementara itu, Hj Sri Kustina menjelaskan tujuan acara tersebut yakni membangun kepercayaan diri masyarakat yang sudah lanjut usia. Sri mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapan dapat meningkatkan motivasi lansia untuk berprilaku hidup sehat serta menumbuhkan rasa percaya diri agar bisa berguna dan hidup mandiri.

“Kategori penilaian adalah stamina, semangat, keseragaman dan formasi senam. Kami akan berikan hadiah untuk memicu peserta lain agar bisa lebih baik dan menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (MAN