Sosialisasi program Sanimas di Muaraenim.

‪MUARAENIM, HS – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Muaraenim pada tahun 2017 dipastikan akan mendapat program sanitasi berbasis masyarakat atau sanimas yang diprakarsai oleh Islamic Development Bank (IDB).

‪‪Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sanitasi dan perilaku higienis sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai MDGs (Millenium Development Goals) melalui pelayanan sanitasi berbasis masyarakat dengan metode akses universal 100 Air bersih pemukiman kumuh dan 100 sanitasi layak.
‬‪‬
‪Hal in terungkap dalam sosialisasi Sanimas dari PUPR Provinsi Sumsel dengan narasumber Djalo Pardede SE di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Muaraenim, Rabu (22/3).
‬‬
‪Dalam pelaksanaannya, program ini akan melalui proses pemberdayaan yang dilengkapi dengan peningkatan kapasitas dan pemberian dana BLM sebagai dana stimulan Pemerintah Pusat kepada masyarakat calon penerima manfaat.
‬‬
‪Program ini  akan mendorong masyarakat untuk dapat menyusun program sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat dalam menangani persoalan sanitasi.
‬‬
‪Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Muaraenim, Ir H A Yani Hariyanto MM, melalui Sekretaris, H Herly  mengatakan bahwa sosialisasi sanimas direncanakan akan ditempatkan di 3 kecamatan.

“Yakni kecamatan Ujan Mas, Muaraenim dan Kecamatan Lawang Kidul. Diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam program ini,” ungkapnya. ‪

‪Acara ini dihadiri pula oleh Bupati Muaraenim melalui Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik, Drs Azimirin Zubaidi, hadir pula perwakilan PKK, abupaten, Lurah Kades dan Fasilitator dan LKM. (EDW)