PALEMBANG,HS – Dengan perkembangan layanan pesan antar makanan yang semakin pesat, Gojek mengembangkan sebuah aplikasi super untuk memberikan berbagai kemudahan, kemanan dan kenyamanan bagi pelaku UMKM kuliner yang tergabung dalam GoFood. Aplikasi super tersebut bernama GoBiz, aplikasi khusus yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah sistem kerja para merchant GoFood.

Menurut VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina, GoBiz berfungsi sebagai pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai fitur e-wallet GoPay, mengatur ketersediaan menu, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan dan *beragam* fitur lainnya. *Aplikasi* ini juga telah dilengkapi dengan fitur verifikasi PIN untuk memastikan keamanan bagi para merchant.

Selain itu para mitra juga tidak perlu merasa khawatir bila tidak memiliki cukup saldo gopay maupun cash, karena GoBiz menerima pembayaran dengan GoPay langsung ke dompet digital. “Keamanan dan kenyamanan mitra merchant merupakan prioritas utama kami. Keseriusan ini tercermin dari upaya berkelanjutan mengembangkan ekosistem pengelolaan bisnis yang lengkap dan menyeluruh dan dapat dikelola secara mandiri oleh mitra merchant melalui aplikasi GoBiz,” katanya, Jumat 11 Oktober 2019.

Disampaikan Rosel, seluruh mitra merchant GoFood mengaku mendapatkan manfaat dan efektivitas GoBiz. Baik dalam mengelola maupun meningkatkan bisnis usahanya. Aplikasi besutan Gojek ini diciptakan untuk membantu operasional usaha khusus mitra merchant, salah satu fitur yang menarik adalah mitra dapat membuat dan mengatur promo sendiri untuk menumbuhkan jumlah pelanggannya.

“Inilah yang terus mendorong kami untuk meningkatkan layanan yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis kuliner para mitra kami,” sebutnya.

Bagi konsumen, dengan adanya GoBiz dapat memberikan pengalaman baru dalam menggunakan layanan pesan makan antar makanan melalui aplikasi GoFood, dimana konsumen dapat melihat daftar menu yang jelas, harga yang tepat dan up to date serta promo apa saja yang diberikan oleh mitra merchant. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna setia GoFood.

Hal itu sejalan dengan hasil riset LD FEB UI yang menyatakan 93% merchant mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan GoBiz.

Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw menerangkan mitra UMKM yang bergabung dengan Gojek di layanan GoFood merasa diuntungkan: dengan meningkatnya volume transaksi hingga kenaikan klasifikasi omzet usaha.

“Peningkatan klasifikasi omzet usaha ini menunjukkan UMKM yang bergabung dengan GoFood mengalami perluasan pasar dan naik kelas, seperti dari mikro ke kecil dari kecil ke menengah. Dengan UMKM yang naik kelas dan usahanya membesar, maka mereka bisa menyerap tenaga kerja dan menyumbang lebih banyak kepada ekonomi daerah atau nasional,” ujar Paksi.

Peningkatan volume dan omzet bisnis, lanjut Paksi, memacu mitra UMKM untuk terus mengembangkan usahanya. Hal ini ditunjukkan dari 85% responden UMKM yang menginvestasikan kembali pendapatannya dari GoFood ke dalam usaha mitra.