Juan Cuadrado (jersey biru) mencetak satu-satunya gol yang membuat Juventus mengalahkan Lyon.

Juan Cuadrado (jersey biru) mencetak satu-satunya gol yang membuat Juventus mengalahkan Lyon.

LYON, HS – Juventus yang bertandang ke Lyon berhasil membawa poin penuh usai menaklukkan tuan rumah dengan skor 0-1. Pada pertandingan Liga Champions yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, sang tamu harus bermain dengan 10 orang setelah Mario Lemina diusir wasit.

Pertandingan berjalan ketat, Juventus langsung menunjukkan agresivitas tinggi pada awal pertandingan. Mereka menekan pertahanan Lyon yang tampil disiplin. Tiga bek sejajar Lyon bekerja dengan baik untuk menyerap semua tekanan Juve.

Meski dominan, Juventus sulit mengembangkan permainan mereka menjadi peluang berbahaya. Lyon yang justru mendapatkan peluang pertama lewat sundulan Diakhaby yang masih melebar tipis dari gawang Buffon.

Lyon bahkan mendapatkan peluang emas dari titik penalti. Leonardo Bonucci dianggap melakukan pelanggaran terhadap Diakhaby dalam situasi tendangan sudut. Hanya saja, eksekusi Alexandre Lacazette pada menit ke-35 masih mampu ditepis Gianluigi Buffon. Babak pertama pun diakhiri tanpa gol.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan menjadi sangat tinggi. Laga berjalan panas dan wasit harus bekerja keras untuk mengendalikan permainan. Sergi Darder mendapatkan kartu kuning setelah menendang dan memukul Miralem Pjanic.

Menit ke-54, Juventus harus bermain dengan 10 orang setelah Mario Lemina mendapatkan kartu kuning kedua. Lemina menjatuhkan Fekir di lini tengah dan wasit tanpa ragu mengusirnya keluar.

Lyon sulit memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka untuk mendominasi pemainan. Lyon bisa menguasai bola, tetapi sulit menembus ke jantung pertahanan Juve.

Gianluigi Buffon juga tampil luar biasa dengan melakukan beberapa penyelamatan gemilang. Dua kali Nabil Fekir melepas tembakan yang masih bisa diselamatkan dengan luar biasa oleh Buffon.

Tak mampu memanfaatkan keunggulan mereka, Lyon dihukum dengan keras oleh Juventus. Pemain pengganti Juan Cuadrado menyisir di sektor kanan sebelum kemudian melepas tembakan keras dari sudut sempit. Bola menerjang masuk gawang Anthony Lopes. Lyon tertinggal 0-1 dari Juventus.

Selanjutnya, Lyon berusaha menambah daya gempur mereka dengan pergantian taktis. Namun Juve sanggup menahan semua serangan yang dilancarkan tuan rumah.

Sampai laga usai, skor 0-1 tetap bertahan. Dengan hasil ini, Juventus masih memuncaki klasemen sementara Grup H dengan tujuh poin sementara Lyon ada di peringkat tiga dengan tiga poin. (AND)