PALEMBANG,HS –  31 Maret 2019 Salah satu Legenda Brazil Ronaldinho dipastikan hadir ke Palembang Pemilik nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira itu hadir ke Bumi Sriwijaya untuk mengisi rangkaian kegiatan Alex Noerdin Cup 2019.
Belum juga Ronaldinho hadir, Alex Noerdin, selaku penggagas sudah memiliki ambisi lain. Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2018 itu bertekad menghadirkan bintang sepakbola dunia lainnya yang tak kalah tenar, Lionel Messi.
“Ada yang bertanya untuk apa acara ini? Saya katakan bahwa ini untuk anak-anak, hiburan sehat,” kata Alex, saat grand launching Alex Noerdin Cup 2019 di atrium Palembang Square Mall, Minggu (16/12/2018).
“Karena dengan kehadiran bintang sepakbola dunia akan memicu gairah anak-anak sehingga lahir talenta-talenta baru. Inshaa Allah ini berkelanjutan, 2020 kita hadirkan Lionel Messi,” tambahnya
Lanjutnya, Ronaldinho dan Messi pernah merumput bersama saat masih berseragam Barcelona pada medio 2005 hingga 2008. Keduanya pun turut andil membawa Los Blaugrana meraih berbagai trofi, salah satunya gelar Liga Champions 2005-2006.
Kala itu, Ronaldinho sudah lebih dulu terkenal. Sementara Messi merupakan bintang baru di jagad sepakbola. Namun sinar Messi tak kalah terang dari Ronaldinho.
Bahkan, La Pulga kini bisa disejajarkan dengan Ronaldinho sebagai satu satu legenda sepakbola dunia. Tak heran, mendengar nama Messi yang hadir selanjutnya membuat gelaran Alex Noerdin Cup kian dinantikan.
“Anak-anak muda harus punya tekad seperti dua bintang dunia ini. Suatu saat kita ingin pemain dari Sumatera Selatan tampil di Stadion Gelora Bung Karno dengan lambang Garuda di dada,” katanya
Pada gelaran Alex Noerdin Cup 2019, Ronaldinho hadir pada puncak kegiatan. Pemain kelahiran 21 Maret 1980 itu akan tampil bersama Tim All Star Legend yang diperkuat para legenda sepakbola tanah air.
Di antaranya ialah mantan punggawa Sriwijaya FC, Ferry Rotinsulu, Isnan Ali, Charis Yulianto, Diego Michels dan Ponaryo Astaman.
Selain itu, Tim All Star Legend juga akan diperkuat nama tenar lainnya, seperti Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto, Christian Gonzales, Christian Carrasco, hingga Dede Sulaiman dan Nasir Salasa.
Sementara itu Ketua Umum Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI), Eddy Sofyan mengungkapkan, Tim All Star Legend akan menghadapi Tim Selection yang disaring melalui seleksi di 17 Kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.
Pertandingan kedua tim akan tersaji di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 31 Maret 2019. Rencananya, Presiden Joko Widodo, turut hadir menyaksikan pertandingan tersebut.
“Nantinya Ronaldinho tidak hanya bertanding di Jakabaring, namun juga memberikan coaching clinic kepada 50 anak-anak sekolah sepakbola usia 12-14 tahun se-Sumatera Selatan yang terpilih melalui seleksi,” tutupnya
Pada tahap seleksi, sebanyak 5.000 anak SSB turut terlibat dalam rangkaian coaching clinic yang tersebar di seluruh penjuru Sumatera Selatan. All Star Tour akan memulai star seleksi dari Kabupaten Muara Enim pada 3 Januari dan berakhir di Palembang pada 17 Maret 2019.