PALEMBANG, HS – Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Sriwijaya FC berhasil meghempaskan tamunya Persiba Balikpapan dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sabtu (3/9), dengan skor akhir 3-1.

Gol tuan rumah masing-masing dicetak oleh Beto Goncalves serta duo punggawa timnas Indonesia yang membela SFC, yakni Fachruddin Aryanto dan Ichsan Kurniawan. Sedangkan gol hiburan dari Persiba diciptakan oleh Sohei Matsunaga.

Memasuki babak pertama, Sriwijaya yang bertindak sebagai tuan rumah tampil dengan percaya diri. Tak butuh waktu lama untuk SFC membuka keunggulan, tepat pada menit ke-9 gol Alberto Goncalves sukses membawa tuan rumah unggul 1-0.

Hanya berselang tiga menit dari gol pertama, anak asuh Widodo C Putro berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini melalu sundulan bek anyar SFC Fachruddin Aryanto yang berhasil  menyambar umpan dari Firman Utina melalui tendangan bebas.

Tak hanya sampai disitu, Sriwijaya FC benar-benar memborbardir pertahanan Persiba, baru dua menit berselang dari gol kedua SFC, Ichsan Kurniawan berhasil memperbesar kemenangan tuan rumah.

Persiba yang tertinggal tiga gol mencoba keluar dari tekanan, dengan melakukan serangan, sehingga pada menit ke-25  Sohei Matsunaga berhasil memperkecil ketertinggalan, skor berubah menjadi 3-1.

SFC yang menerapkan permainan menyerang terus mengancam pertahanan Persiba, namun hinggaa turun minum skor 3-1 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Persiba mencoba merubah strategi dengan memasukkan Syamsir Alam menggantikan Maycon Calijuri. Pada menit ke-46 shooting Hery Susanto masih tipis di sisi gawang Teja Paku Alam.

Laskar Wong Kito kembali menguasai permainan, pada menit Ke-51, SFC mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas, namun umpan Firman ke kotak penalti masih bisa diamankan pemain belakang Persiba.

Usaha Persiba untuk menyamakan kedudukan masih nihil, hingga laga memasuki menit ke-60 kedudukan masih 3-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Persiba bahkan harus bermain dengan sepuluh orang pada menit ke-79 setelah Rustiawan mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Hilton Moreira.

Meski SFC hanya menghadapi sepuluh orang, namun tidak ada gol yang tercipta hingga akhir pertandingan, skor akhir 3-1 untuk SFC.

Dengan kemenangan yang diraih, Sriwijaya FC berhasil naik ke peringkat empat setelah mengoleksi 31 poin, sedangkan Persiba Balikpapan tetap berada di posisi 12 dengan koleksi 22 poin. (AND)