Peserta BImtek Sicerdas

PALEMBANG, HS -Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (Disdikpora) Kota palembang mengelar Bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Cermat Data Sekolah ( Sicerdas) bertujuan program ini supaya dapat dilaksanakan disekolah – sekolah.

“Dengan Bimtek ini bahwa kita akan menganti cara kerja manual menjadi cara kerja digital baik seperti laporan bulan, laporan dana BOS, BSM dan juga usul sertifikasi guru dan lain-lain  cukup dengan menggunakan aplikasi saja begitu juga dengan pengajuan proposal-proposal,”ungkap Kasi Kurikulum TK/SD Drs. Haris Basid, M.Si saat dibincangi Sumsel Post Disela Kegiatan Bimtek Sicerdas, Senin (22/8).

Sehingga dengan adanya sistim ini kata Haris,  guru tidak perlu lagi mengirim berkas lagi cukup mengirim secara online saja dengan catatan setelah diverifikasi.Dalam sistim pembelajaran dengan melalui aplikasi sekolah siswa dapat melaksanakan pembelajaran sistim online, apabila siswa tersebut sakit, siswa tetap dapat melaksanakan pembelajaran melalui sistim online tersebut dengan membuka laptopnya mereka bisa melihat PR mereka.

“Insya Allah dibulan September setelah tahap Bimtek ini selesai kita akan adakan ucji coba penggunaan aplikasi ini, setelah uji coba penggunaan aplikasi barulah akan dilounching menunggu kepala Dinas Pulang dari tanah suci, sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak 16 kali per kecamatan yang pesertanya terdiri kepala sekolah, guru, dan operator sekolah.Selain itu sasaran bimtek ini diperuntukan untuk kepsek, guru, operator, pengawas dan staf UPTD. Ada lima sasaran,”ujarnya.

Kita harapkan dengan adanya program ini akan mempermudah pihak sekolah untuk melaksanakan pelaporan dan segala kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, sehingga pihak sekolah tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat pelaporan secara manual, semuanya dipermudah dengan sistim online tersebut,”tukasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek Syamsiah kepala SDN 73 Palembang mengatakan dengan adanya sistim ini untuk memperluas pengetahuan kita terutama di bidang IT. Sehingga tidak ada lagi yang namanya guru  Gaptek, mereka harus paham dengan IT,apalagi mengenai data sekolah, bukan hanya kepala sekolah dan operator sekolah saja, tetapi semua guru juga harus paham, ”ujarnya.

“Adanya Bimtek ini semua guru paham dengan IT, tidak hanya mengandalkan operator, mereka harus bisa mengirim data mereka,”pungkasnya. (Hsn)