PALEMBANG,HS – SMK N 2 Palembang salah satu sekolah penyelengara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai menggelar simulasi bagi siswa kelas 12.

Simulasi ini sebagai bentuk persiapan dan pemantapan dalam menghadapi pelaksanan ujian nasional pada April mendatang.

Waka Kurikulum, SMK N 2 Palembang, Heru Eko P Spd Msi mengungkapkan,dalam pelaksanan simulasi UNBK diikuti lebih kurang 853 siswa dengan jumlah perangkat komputer sebanyak 298 unit.Untuk ruangan yang dipakai sendiri, dijelaskan Heru ada 10 ruangan, dengan pelaksanan simulasi yang dibagi 3 sesi ujian.

” Kali ini, siswa kami tidak sendirian dalam melakukan simulasi, pasalnya terdapat 2 sekolah yang berinduk untuk mengikuti pelaksanan UNBK, meliputi SMA pelita dengan 12 siswanya, dan SMA Trisakti 22 siswa,” Jelasnya.

Lebih jauh Heru mengatakan, untuk unit komputer yang tersedia tahun ini jumlah bertambah karena pihak sekolah meminjam beberapa laptop milik siswa. Hal ini untuk mencukupi jumlah unit komputer yang akan digunakan untuk pelaksanan UNBK.

” Sebelumnya kita sudah ajukan permintaan bantuan 100 unit komputer baru kepusat, namun belum ada realisasi. Oleh karena itu, guna mencukupi yang ada maka kita meminjam dari siswa, bukan itu saja beragam antisipasi kita lakukan, mulai dari penyedian 14 server untuk UNBK, ditambah juga satu genset dengan kapasitas 85 PKa sebagai cadangan listrik jika padam,”ujarnya.

Selama pelaksanan. 2 hari simulasi yang dimulai sejak senin lalu, Heru mengatakan pihaknya tidak menemukan kendala atau permasalahan apapun yang dialami siswa.

“Kebanyakan siswa terlihat enjoy dan sangat menikmati pelaksanan simulasi UNBK ini,” pungkasnya (HSN)