Acara sosialisasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja Melalui Kegiatan Penyebarluasan Informasi Bursa Tenaga Kerja Siswa Siswi SMA SMK dalam Memasuki Dunia Kerja yang digelar oleh Disnakertrans Kabupaten PALI.

Acara sosialisasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja melalui Kegiatan Penyebarluasan Informasi Bursa Tenaga Kerja Siswa Siswi SMA/SMK dalam Memasuki Dunia Kerja yang digelar oleh Disnakertrans Kabupaten PALI.

PALI, HS – Untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang dunia kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar sosialisasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja melalui Kegiatan Penyebarluasan Informasi Bursa Tenaga Kerja Siswa Siswi SMA/ SMK dalam Memasuki Dunia Kerja, Senin (24/10).

Sedikitnya 60 peserta yang terdiri dari 30 siswa SMA Negeri 1 dan 30 siswa SMA Negeri 2 Unggulan Kecamatan Talang Ubi mengikuti sosialisasi yang digelar di ruang laboratorium SMA Negeri 1 Talang Ubi.

Dalam keterangannya, Martonius SE, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin dari Disnakertrans Kabupaten PALI yang ditujukan kepada para pelajar.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang dunia kerja kepada para siswa. Yang mana dalam kegiatan kali ini diikuti oleh 60 siswa dari dua sekolah yang ada di PALI,” jelasnya.

Sahadi Sulkopli SE MAB, Kepala Disnakertrans Kabupaten PALI usai membuka kegiatan tersebut menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi bursa tenaga kerja ini merupakan program rutin dari Disnakertrans kabupaten PALI dengan target peserta para pelajar yang duduk di bangku kelas III atau kelas XII.

“Bursa kerja ini prinsipnya adalah mempertemukan calon pencari kerja dengan pengusaha. Selain itu, dalam kegiatan kali ini kita juga ingin membekali para siswa untuk mengetahui informasi tentang dunia kerja, memberikan gambaran soal hak dan kewajiban dari tenaga kerja,” terang Sahadi.

Kendati demikian, Sahadi tetap berpesan kepada para siswa untuk semangat dalam menimba ilmu. Karena, hal yang paling penting sebelum memulai dunia kerja adalah pendidikan.

“Maksimalkan sekolah terlebih dulu karena pendidikan yang tinggi akan memudahkan kita dalam mendapatkan kerja serta memberikan tempat kerja yang lebih layak, bukan hanya tenaga buruh kasar tapi juga tenaga kerja skill,” pesannya.

Sementara itu, Rina SP perwakilan dari SMA Negeri 1 Talang Ubi mengucapkan terimakasih karena telah menggelar kegiatan pelatihan seperti ini.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, nantinya diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa siswi, karena mungkin ada saja yang nantinya langsung kerja setelah lulus sekolah. Sehingga informasi soal dunia kerja pasti sangat dibutuhkan. Untuk itu, para siswa harus tekun mengikuti kegiatan ini,” ujar Rina. (MAN)