Kepala Sekolah SMA YKPP Pendopo, Wahyu Jatmiko ketika memberi sambutan.

Kepala Sekolah SMA YKPP Pendopo, Wahyu Jatmiko ketika memberi sambutan.

PALI, HS – SMA YKPP Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mewakili Bumi Serepat Serasan dalam perlombaan sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2016.

Atas dasar itulah, kemarin, Kamis (15/9) tim penilai dari Provinsi Sumsel yang dipimpin dr Erda Guswanti melakukan penilaian ke sekolah yang berlokasi di dalam Komplek Pertamina (Komperta) Pendopo, ini.

Kepala SMA YKPP, Wahyu Jatmiko dalam sambutannya menuturkan terima kasih atas terpilihnya SMA YKPP untuk diikutkan dalam lomba sekolah sehat mewakili kabupaten PALI.

“Alhamdulillah, SMA YKPP Pendopo masuk delapan besar lomba sekolah sehat se-Sumsel. Meskipun Kabupaten PALI baru berdiri tiga tahun, tapi kita sudah bisa mengharumkan namanya hingga ke tingkat nasional melalui beberapa prestasi seperti pada lomba O2SN, kemudian menjadi juara pada bidang fisika dan komputer, serta dari bidang seni band SMA YKPP mewakili Sumsel ke Manado,” terang Wahyu.

Dirinya juga berharap SMA YKPP Pendopo bisa mengharumkan nama Kabupaten PALI pada gelaran lomba sehat kali ini.

Sementara itu, Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony ketika dibincangi awak media mengaku menyambut baik kedatangan tim penilai dari provinsi.

Politisi PDI Perjuangan ini juga optimis sekolah yang berdiri sejak tahun 1971 itu bisa masuk dua besar dalam gelaran lomba sekolah sehat itu.

“Kalau tidak juara 2, minimal ya juara 1. Karena, kita harus punya target dan cita-cita yang tinggi dalam kehidupan kita. Dengan begitu, kita akan termotivasi untuk mengejar atau meraih target tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Wabup juga menerangkan dengan masuknya SMA YKPP ini dalam delapan besar di provinsi menunjukkan bahwa kabupaten PALI memiliki bibit unggul dalam Sumber Daya Manusia (SDM).

“Penilaian ini kan tidak hanya UKS, tapi juga bagaimana prestasi dari para siswanya. Kabupaten PALI meski baru tiga tahun dibentuk, tapi bisa menghasilkan prestasi, baik itu para pelajarnya atau juga yang lain. PALI punya bibit unggul yang pastinya,” pungkasnya.

Terpisah, dr Erda Guswanti MKm, kepada sejumlah media menerangkan bahwa setelah penilaian ini, nantinya akan dibawa pada rapat yang dihadiri perwakilan dari empat kementerian, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

“Dari hasil rapat inilah, terpilih juara pertama yang akan diikutkan dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional mewakili Sumsel,” ungkap dr. Erda kepada SN.

Erda juga mengatakan penilaiannya juga meliputi anak didik yang sehat, sekolah yang sehat dan lingkungan yang sehat dalam radius 500 meter.

“Kemudian yang kita nilai juga antara lain, kantin, ruang UKS, wawancara Kepsek, Membagikan kuesioner ke siswa, dan ke ruang uks tingkat kabupaten,” terangnya.

Untuk pengumuman sendiri, Erda memberikan informasi akan diumumkan pada waktu Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada bulan November mendatang.

Selain Wabup PALI, hadir dalam penilaian lomba sekolah sehat kemarin yaitu Anggota DPRD PALI, Drs Soemarjono, Kepala Dinkes Kabupaten PALI, dr Hj Eni Zatila, dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab PALI. (MAN)