Puput Rahmawati, Atlet Taekwondo SMP Negeri 3 Palembang

Puput Rahmawati, Atlet Taekwondo SMP Negeri 3 Palembang

PALEMBANG, HS – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang, tahun ini berhasil menorehkan prestasi di bidang olahraga. Di turnamen takwondo walikota Palembang Cup 9 Oktober 2016, siswi dari sekolah yang berlokasi di Jalan Ariodillah Nomor 2280, Kelurahan 20 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang ini sukses mempertahankan juara umum dan meraih emas.

Prestasi teranyar yang diraih SMP Negeri 3 Palembang ini adalah juara umum Turnamen Taekwondo tingkat SMP se-Kota Palembang. Kali ini peserta yang ikut di turnamen tersebut 58 sekolah.

“Alhamdulillah, kita kembali mempertahankan Juara Umum untuk cabang taekwondo perorangan,” demikian kata Nuris Mardiyanto, Guru Olahraga ekstrakurikuler taekwondo kepada HALUAN SUMATERA, Kamis (13/10).

Nuris Mardiyanto memegang tropi Juara Umum taekwondo bersama Puput

Nuris Mardiyanto memegang tropi Juara Umum taekwondo bersama Puput

Disampaikan Nuris, banyak sekali prestasi yang diukir oleh peserta didik di SMP Negeri 3 Palembang. Salah satunya cabang olahraga taekwondo. Dari beberapa tahun belakangan, sekolah ini selalu bertengger di puncak prestasi.

“Memang soal fasilitas untuk taekwondo masih terbatas, namun cukup banyak peserta didik yang berminat. Ya, yang jelas kita berupaya  taekwondo untuk menuai prestasi. Meski fasilitas masih kurang, namun lumayanlah buat latihan,” tutur Nuris.

Bersebab itu, tahun ajaran 2016, lanjut Nuris, porsi jadual latihan bagi anak-anak yang menekuni ekstrakurikuler olahraga taekwondo ditambah. Saat ini baru ada satu pelatih kepala dan tiga oran pelatih adari alumni SMP Negeri 3 Palembang.

“Kita biasanya sebelum turnamen menggelar latihan bersama, TC, dan sparing. Dengan bermodalkan percaya diri dan  tekad, anak-anak kita berhasil menyabet juara umum. Ini kebanggan buat kita,” Nuris mengatakan.

Ia berharap, agar di tahun-tahun mendatang, prestasi yang diukir lewat ekstrakurikuler taekwondo bisa merambah jauh ke level provinsi dan nasional. “Itu harapan kita,” cetusnya.

Puput Rahmawati, sang peraih emas di Turnamen Taekwondo Walikota Cup 2016 menyampaikan, ia merasa bangga dan senang usai menang di final melawan utusan dari SMP Negeri 18. Puput begitu ia biasa disapa baru pertamakalinya mengikuti turnamen taekwondo. Namun begitu, tak ada kekuatiran saat turun ke gelanggang.

“Aku ikut di jurus atau Poomsae 1 dan 2, kelas perorangan. Latihan cuma satu minggu,” ujar Puput yang bercita-cita jadi dokter.

Selanjutnya buah hati pasangan dari Rino Rinandar dengan Herni Suparni ini berencana akan ikut diberbagai turnamen taekwondo. Selain ingin menambah pengalaman, Puput pun mengasah kemampuan yang dimiliki.

“Di taekwondo ini aku ingin jadi atlet nasional,” kata remaja yang duduk di kelas 7.8 SMP Negeri 3 Palembang ini.

Bagaimana dengan pola latihan? Jawab Puput, ia latihan bersama dua kali dalam sepekan. Tiap Jumat sore, latihan digelar di halaman sekolah dan latihan di halaman TVRI Sumsel setiap Rabu malam.

Sementara Kepala SMP Negeri 3 Palembang, Muhammad Ansyori menyebutkan, prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh peserta didiknya itu merupakan buah usaha keras dari para siswa serta kesungguhan guru-guru pembina membimbing dan mendampingi siswa.

Karena itulah, Ansyori pun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para siswa yang telah berprestasi dan guru-guru pembina serta ia berharap agar tidak berpuas diri dan terus menorehkan prestasi untuk sekolah yang ia pimpin.

“Terima kasih untuk siswa dan guru-guru pembimbing yang telah memberikan prestasi dan membuat gembira sekolah,”  Ansyori bangga. (IIR/ERS)