PALEMBANG,HS – Forum Ushuludin dan Psikologi (Fushpi) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar sosialisasi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD RI tahun 1995, dan ketetapan MPR RI. Turut hadir juga Anggota DPR/MPR RI Drs. H Zainut Tauhid Sa’ad M.SI sebagai narasumber.
Dalam sambutannya, Zainut mengatakan, bahwa mahasiswa harus memahami sosialisasi Empat pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika karena ini sangat penting demi masa depan bangsa Indonesia.
“Kenapa ini penting. Karena Empat dasar ini harus dipahami secara benar oleh anak-anak muda dan mahasiswa karena kedepannya tantangan Indonesia itu bukan semakin ringan tetapi semakin besar baik itu tantangan dari dalam dan luar,” kata Zainut, Selasa (28/8/2018).
Ia menjelaskan, bahaya tantangan nilai dari budaya luar yg masuk di Indonesia tersebut sepertti nilai Idealisme, Materialisme, Eksistensialisme, Monisme, Dualisme, dan Pluralisme.
“Itu yang menjadi tantangan bagi anak-anak muda dan mahasiswa. Indonesia itu mengenal nilai-nilai yg sangat luhur yaitu pancasila sebagai pondasi dasar berbangsa dan bernegara,” jelasnya.
Ia menambahkan, pihaknya berharap kepada mahasiswa agar berperan sebagai garis terdepan untuk mencegah pengaruh daya asing masuk ke Indonesia.
“Saya yakin kepada mahasiswa nantinya menjadi garda terdepan mencegah budaya luar untuk masuk ke Indonesia. Nilai-nilai pancasila sebagai dasar filosofi yg memang untuk mempersatukan bangsa Indonesia untuk menangkal budaya dari luar pribadi,” tutupnya