PALEMBANG,HS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Selatan mengadakan Sosialisasi Statistik Sektoral dengan tema ‘‘Membangun Sumsel Satu Data Menuju Sumsel Maju Untuk Semua’’.

Kegiatan Sosialisasi Statistik Sektoral dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Intruksi Gubernur Sumsel Herman Deru untuk membangun basis data yang berkualitas untuk menjadi dasar menentukan perumusan kebijakan.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H.Achmad Rizwan, SSTP., M.M mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk membangun kesamaan pemahaman dalam penyelenggaraan statistik sektoral dengan BPS selaku Pembina data.

Dinas Kominfo selaku Walidata dan Perangkat Daerah selaku produsen data dalam rangka menghasilkan data yang berkualitas berdasarkan standar data dan metadata yang baik untuk bersama-sama menyukseskan Satu Data Indonesia dan Sumsel Satu Data.

Menurutnya, pemanfaatan data statistik sektoral ini menjadi instrumen penting dalam melihat keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan, seperti keberhasilan program kerja 1 Tahun kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru – Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya bulan Oktober 2018 – oktober 2019.

Diantaranya, Penurunan Angka Kemiskinan dari 12,80 % menjadi 12,71 % turun 0,09 % dalam waktu 1 tahun, Pada triwulan ke II 2019 ini Jalan Mantap/Mulus sebesar 72 ,71 % atau 1.100 Km akhir Desember 2019 ini kondisi jalan mantap/mulus akan semakin meningkat dan pemberian bantuan keuangan kepada Kab/Kota se-Sumsel untuk pembangunan infrastruktur serta pengaktifan kembali Pembantu Pengawal Pencatat Nikah (P3N) dengan nama Petugas Pembantu Urusan Keagamaan Desa dan Kelurahan (P2UKD) di Sumsel.

“Program ini bisa terlaksana dengan baik karena kita mempunyai data berkualitas yang menjadi dasar dalam perumusan kebijakan, data kondisi sebelum dan kondisi sesudah program ini di jalankan untuk menentukan tingkat keberhasilan program tersebut,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru Melalui Asisten lll Pemprov Sumsel Edward Juliarta, megharapkan kegiatanini dapat meningkatkan kualitas kapasitas sumber daya aparatur pemerintah dalam rangka penyelenggaraan statistik sektoral.

“Acara ini juga bertujuan untuk dapat menghasilkan data yang akurat dan berkualitas yang dihasilkan oleh semua perangkat daerah dalam rangka mewujudkan sumsel satu data menuju sumsel maju untuk semua,” tutupnya.