Diego Costa (19) mencetak gol pertama Spanyol ke gawang Albania pada Senin (10/10) dinihari.

Diego Costa (nomor 19) mencetak gol pertama Spanyol ke gawang Albania pada Senin (10/10) dinihari.

SHKODER, HS – Menghadapi tuan rumah Albania pada babak kualifikasi Grup G Piala Dunia 2018, Spanyol sukses mengkudeta posisi pimpinan klasemen.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Loro Boruci, Shkoder, Albania, tuan rumah Albania ditundukkan Spanyol dengan skor 0-2. Dua gol La Roja dicetak oleh Diego Costa pada menit ke 55 dan Nolito pada menit 63.

Raihan ini membuat Spanyol berada di posisi puncak Grup G dengan 7 poin hasil 3 kali bermain, dua kali menang dan sekali imbang.

Spanyol memiliki poin yang sama dengan Italia namun lebih unggul dalam jumlah gol, yakni dengan memasukkan 11 dan kebobolan 3. Sementara Italia memasukkan 7 dan kebobolan 4.

Pada pertandingan Senin (10/10) dinihari, Spanyol tampil dominan mendikte sepanjang 90 menit pertandingan, dengan total penguasaan bola hingga 74 persen. Albania sendiri tampil penuh tekanan di hadapan pendukungnya sendiri. Praktis, Spanyol mengurung mereka di areal pertahanan sendiri.

Walau demikian, Spanyol pun bukannya mudah menembus ketatnya benteng pertahanan Albania. Selain itu, penampilan kiper Albania, Etrit Berisha, juga cukup menyulitkan pemain Spanyol.

Peluang pertama Spanyol tercipta pada menit 11, sayang tendangan Silva dapat digagalkan Berisha. Selanjutnya, di menit 17, giliran tendangan keras Vito ditepis Berisha.

Albania yang dilatih Giovanni De Biasi memiliki satu kesempatan pada menit 34. Melalui skema serangan balik, Odhise Roshi berkesempatan melepaskan tembakan yang melebar di sisi kanan kawang Spanyol yang dikawal David de Gea.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tak mampu membuat gol. Skor masih imbang 0-0.

Pada babak kedua, Spanyol kembali tampil mengebrak untuk membongkar pertahanan tuan rumah. Anak asuh Julen Lopetegui akhirnya memecah kebuntuan pada menit 55.

Kali ini, kiper Albania yang tampil memukau di babak pertama kesalahan yang berakibat fatal. Alih-alih menjauhkan bola, sapuan Berisha ke tengah lapangan justru jatuh ke kaki Vitolo yang kemudian menyodorkan bola kepada David Silva.

Silva yang sudah berhadapan dengan Berisha justru memberikan bola kepada Diego Costa. Berisha yang sudah kehilangan posisi tak mampu mengantisipasi tendangan Costa dan terciptalah gol pertama untuk Spanyol.

Spanyol semakin semangat menyerang dan Albania hanya menyisakan seorang pemain di lini depan. Nolito yang baru masuk di menit 60 menggantikan Vitolo berhasil menggandakan keunggulan Spanyol. Di menit 63, ia berhasil mencetak gol usai memaksimalkan umpan dari Nacho Monreal

Unggul dua gol, Lopetegui kembali melakukan pergantian pemain. Andres Iniesta dan Sergio Ramos diistirahatkan untuk memberi kesempatan pada Isco dan Inigo Martinez.

Namun demikian tak ada perubahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Albania menyerah dengan skor 0-2 dan dipaksa turun ke posisi ketiga klasemen Grup G di bawah Spanyol dan Italia dengan 6 poin hasil dari dua kemenangan dan satu kali kalah. (MIM)