Hj Eliza ketika mengukuhkan Hj Sri Kustina Sebagai Bunda PAUD Kabupaten PALI.

Hj Eliza ketika mengukuhkan Hj Sri Kustina Sebagai Bunda PAUD Kabupaten PALI.

PALI, HS – Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj Eliza Alex Noerdin, Rabu (12/10) resmi mengukuhkan Ir Hj Sri Kustina sebagai Bunda PAUD Kabupaten PALI.

Sri Kustina dikukuhkan di Gedung Arsendora Komplek Pertamina Pendopo, Kabupaten PALI disaksikan Plt Sekda PALI, Robby Kurniawan, Wakil Ketua II DPRD PALI, Darmadi Suhaimi, dan sejumlah kepala SKPD serta pengurus TP PKK dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Desa.

Plt Sekda PALI, Robby Kurniawan dalam sambutannya mengatakan dengan dikukuhkannya Sri Kustina sebagai Bunda PAUD diharapkan pendidikan anak usia dini di Kabupaten PALI lebih manju lagi.

“Sampai saat ini sudah ada 73 PAUD di Kabupaten PALI, dengan dikukuhkannya Bunda PAUD semoga sarana pendidikan usia dini ini bisa lebih maju lagi untuk mencetak generasi handal. Pemkab PALI sangat mendukung program ini serta kami telah menyiapkan gedung khusus untuk Rumah Cinta dimana daerah lain belum memilikinya, tetapi disini sudah ada,” terang Robby.

Usai mengukuhkan Hj Sri Kustina sabagai Bunda PAUD Kabupaten PALI, Ketua TP PKK provinsi yang juga Bunda PAUD Provinsi Sumse, Hj Eliza Alex Noerdin mengatakan, program PAUD menjadi program prioritas hendaklah didukung semua pihak.

“Setelah dikukuhkannya Bunda PAUD Kabupaten, nantinya dilantik juga Bunda PAUD tingkat kecamatan. Mengemban tugas sebagai Bunda PAUD tidak hanya simbol, melainkan harus dibuktikan dengan kerja keras, dan tugas kita adalah sebagai pelindung dan pengayom keberadaan PAUD di wilayah kita,” jelas Hj Eliza.

Istri Gubernur Sumsel ini juga memuji Kabupaten PALI yang telah melampaui target satu desa satu PAUD.

“Pentingnya keberadaan PAUD untuk membangun moral generasi muda sejak dini harus diterapkan disemua daerah, dan di Kabupaten PALI ini telah dibuktikan.Saya mendapatkan data barusan bahwa tercatat ada 73 PAUD sementara jumlah desa ada 65 desa, jadi target program satu desa satu PAUD telah dilampaui oleh Kabupaten PALI, ini prestasi yang luar biasa,” pujinya.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi dengan seluruh pengurus TP PKK yang ada di Kabupaten PALI di gedung yang sama

Terpisah, kepada sejumlah media Bunda PAUD Kabupaten PALI Sri Kustina Heri Amalindi membeberkan program PKK di Bumi Serepat Serasan.

“Kita telah menyiapkan gedung untuk Rumah Cinta, dimana didalamnya ada PAUD, Tempat  Penitipan Anak (TPA), pelayanan kesehatan dan Posyandu. Keberadaan Rumah Cinta ini bertujuan menyediakan tempat belajar sekaligus bermain yang nyaman untuk anak-anak,” jelasnya.

Istri Heri Amalindo ini juga mengatakan bahwa selain Program Rumah Cinta, TP PKK PALI juga mempunyai program SMS atau Stop Mising Sembarangan.

“Untuk membudayakan budaya bersih dikalangan masyarakat terutama di wilayah pedesaan, kita sudah merencanakan program SMS, yang launchingnya insyaallah tidak akan lama lagi. Karena sudah kita ketahui bahwa di Kabupaten ini masih banyak masyarakat yang belum mempunyai jamban dan kebiasaan buang air besar sembarangan,” ungkapnya.

Untuk mendorong program SMS, PKK PALI bakal membangun jamban yang layak beserta sarana air bersih di setiap desa-desa yang ada di Kabupaten PALI.

“Selain menyediakan jamban sehat, kita juga akan dukung adanya kampung manis, dan kami telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menanam tebu di pekarangan rumahnya serta menyediakan lahan untuk ditanami tebu,” tandas ketua TP PKK Kabupaten PALI. (MAN)