PALEMBANG,HS – Setelah sukses menjadi salah satu tuan rumah Asian Games, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) bakal kembali menjadi tuan rumah perhelatan lima kejuaraan dunia.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan pada 2019 mendatang, akan lima event olahraga bertaraf internasional terselenggara di Palembang. Kelimanya, yaitu kejuaraan Dayung, Bowling, Climbing, sepak takraw dan menembak.
Menurutnya, lima kejuaraan dunia tersebut membutuhkan dana yang besar, pihaknya akan menggaet sponsor untuk membiayai kejuaraan dunia yang akan terselenggara di kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Palembang itu.
Ini butuh dana besar, kita akan gaet sponsor. Mudah nyari sponsor kalau kelas dunia, lihatlah Asian Games,” ujar Alex Noerdin diwawancarai di Griya Agung, Senin (3/9/2018).
Ia juga mengungkapkan kawasan JSC terus dilakukan pengembangan dalam waktu dekat ini JSC akan dibangun gedung multi fungsi yang didalamnya dapat dimanfaatkan untuk fasilitas olahraga tinju, tenis, futsall dan basketball.
“Tadinya gedung itu akan dibangun sebelum Asian Games, tapi akan dikejar setelah Asian Games ini,” pungkasnya.
Ia menambahkan, kawasan JSC yang memiliki fasilitas olahraga kelas dunia, akan dimanfaatkan sebagai trining camp atau kamp pelatihan atlet Jepang. Tak hanya itu, Pelatnas juga akan berlatih di kawasan JSC.
“Mereka ini bayar, bukan gratis. Nah ini nanti bisa memberikan kontribusi bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah),” tutupnya