PALEMBANG,HS – Merebaknya Pandemi Covid-19 di Sumsel mulai awal Maret 2020 membuat Gubernur Sumsel HD mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan Covid-19 dengan di awali dibentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mendukung fungsi Informasi dan Teknologi untuk mendukung Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Pemprov Sumsel melalui Dinas Kominfo Prov Sumsel telah mempersiapkan tempat sebagai sarana pendukung informasi dan komunikasi dengan semua elemen terkait. Sumsel Command Center (SCC) terletak di Gedung Kantor Gubernur Sumatera Selatan mempunyai berbagai fungsi terpadu. SCC sebagai pusat Informasi yang menyediakan data-data tentang perkembangan Covid19. SCC sebagai pusat Komunikasi dengan mengadakan dan menyiapkan fasilitas Video Conference sebagai sarana rapat koordinasi secara Virtual dengan instansi terkait baik dengan Pusat maupun Kabupaten /Kota Se Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan yang intens memantau perkembangan di Kabupaten/Kota se Sumsel rutin melaksanakan rapat koordinasi secara Virtual memberikan arahan dengan Kepala Daerah se Sumsel tanpa mengenal hari kerja, bahkan Sabtu Minggu dan hari libur nasional pun tetap dimanfaatkan untuk berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota.Tidak hanya masalah Penanganan Covid-19 saja, juga untuk koordinasi lainnya seperti bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kab. OKU Selatan dan Kab. OKU Timur beberapa hari lalu, Gubernur HD langsung memberikan arahan untuk penanganan hal tersebut.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM, keberadaan SCC ditengah Pandemi Covid-19 saat ini sangatlah penting.

Karena virus ini adalah yang pertama di dunia dan tergolong ganas dan mematikan, membuat masyarakat menjadi panik dan haus akan informasi mengenai perkembangan virus tersebut. Banyak berita yang simpang siur dan terkadang hoaks atau disinformasi menjadi makanan sehari hari masyarakat. Belum lagi kebutuhan akan informasi mengenai Update status perkembangan kasus Covid-19 di Sumatera Selatan yang benar dan akurat. Untuk itulah di SCC Pemprov Sumsel melalui Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 setiap hari melaksanakan Pers Conference secara Virtual kepada semua awak media di Provinsi Sumsel.

“Sampai saat ini telah banyak kegiatan yang dilakukan di SCC selama Pandemi Covid-19. Mulai dari Rapat Koordinasi dengan Presiden RI, Para Menteri, dan Ketua Gugus Tugas Nasional, Kepala Daerah se Sumsel, Kementerian, Instansi Vertikal hingga Rapat Paripurna DPRD Sumsel semuanya dialihkan secara Virtual. Dan kita memang menyediakan tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Ada 2 Room dengan screen yang besar yang dapat menampung puluhan participant. Semua Perangkat Daerah Pemprov Sumsel dapat menggunakan fasilitas tersebut selama masa Pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Rizwan.

Ditambahkan Rizwan, untuk kesiapan waktu operasional, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, Jaga Jarak, Memakai Masker dan cuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas, SCC membuka kesempatan seluas-luasnya untuk dipergunakan se fleksibel mungkin sesuai kebutuhan. Dengan personil dan tenaga inti yang ada, SCC tidak mengenal waktu dan hari libur. Hal tersebut dilakukan semata hanya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pemenuhan informasi di tengah Pandemi Covid-19 saat ini dimana setiap orang diharuskan tetap #dirumahbae.(Rill/RN)