PALEMBANG,HS – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya sukses mengantarkan satu orang atlet cabang olahraga (Cabor) Sambo , mengisi skuat timnas pada Asian Games 2018 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan hasil satu medali emas dan satu medali perunggu, saat mengikuti seleksi nasional (Seleknas) Asian Games 2018 kejuaraan cabor Sambo yang berlangsung di Padepokan Judo Indonesia Ciloto, Jawa Barat, 29-31 Januari kemarin.

“Pengprov Sambo Sumsel kemarin mengirimkan dua orang atlet untuk berkompetisi di ajang seleknas yang diikuti oleh 17 provinsi di Indonesia. Alhamdulillah kedua atlet yang ditukangi pelatih Deni Saputra tersebut berhasil meraih medali yakni, medali emas oleh Sasli Rais yang turun di nomor sambo kombet kelas 82 kilogram setelah mengalahkan atlet Jabar,”ujar Ahmad Yani selaku oficial dari tim Sumsel saat dibincangi di KONI Sumsel, Kamis (1/2/2018).

Lebihlanjut diungkapkan Yani, sementara untuk medali perunggu diraih oleh atlet Sumsel atas nama Roberto Lumban Toruan di kategori sambo sport kelas 74 kilogram.

“Dengan hasil ini, artinya satu orang atlet Sumsel atas nama Sasli Rais berhak mengisi skut timnas dan akan mengikuti seleksi akhir tingkat Asian pada kejuraan Asian Chamlionship yang berlangsung bulan mei mendatang.

Lebihlanjut dikatakan Yani, untuk cabor Sambo ini memang masih terbilang baru yang berasal dari negara Soviet. Cabor yang akan ditandingkan pada Asian Games ini, teknisnya adalah dari pinggang keatas judo sementara pinggang kebawah gulat. Jadi penggabungan dari judo dan gulat.

“Untuk kepengurusan di Sumsel sudah berjalan selama satu tahun yang diketuai oleh mantan walikota Pagarlaman bapak Jazuli Kuris. Ketua umum berharap untuk tahun-tahun mendatang cabor tersebut dapat menjadi andalan Sumse dalam menambah  pundi-pundi emas. Saat ini sudah ada sekitar 15 orang atlet binaan Sumsel yang sebagian besar atlet junior,” pungkasnya