Kondisi ruas jalan penghubung Kabupaten PALI dengan Prabumulih yang terendam banjir.

Kondisi ruas jalan penghubung Kabupaten PALI dengan Prabumulih yang terendam banjir.

PALI, HS – Jalan yang menghubungkan Kota Prabumulih dengan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tepatnya yang terletak di Desa Sedupi, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI, masih terendam banjir akibat luapan Sungai Lematang.

Kendati demikian, jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat, namun para pengguna jalan harus tetap berhati-hati agar tidak terperosok ke dalam lubang yang tidak terlihat oleh genangan air.

“Sekarang sedikit surut dan ketinggian air berkurang sekitar 10 centimeter, karena dua hari ini hujan tidak turun. Tapi pengendara tetap harus berhati-hati karena terdapat lubang yang tidak terlihat karena tertutup air,” ujar Amran, Kepala Desa Sedupi kepada awak media, Senin (21/11).

Amran meminta kepada Pemkab PALI melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) untuk membuat tanggul pembatas agar air tidak merendam jalan.

“Gorong-gorong memang sudah dibuatkan, namun letaknya sekitar 20 meter dari aliran banjir ini. Kami minta dibuatkan tanggul pembatas agar air mengalir ke arah gorong-gorong,” harapnya.

Sementara Rusman Firman kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengecek ke lapangan bersama kepala Dinas PUBM.

“Hari ini juga kami ke lapangan ngajak Kepala PUBM untuk meninjau langsung kondisi jalan di sana.Bahkan kami juga akan mengajak instansi terkait lainnya, seperti Dinsos, Dinkes dan Dinas Pertanian agar keinginan masyarakat yang terkena banjir bisa langsung disampaikan di Dinas yang menanganinya,” ucap Rusman. (MAN)