PALEMBANG,HS – PT Markplus Indonesia yang merupakan perusahaan yang dipercaya oleh Pemerintah Sumsel untuk memprakarsai terkait branding wisata Sumsel akhirnya memutuskan Perahu Ketek dan Sungai Musi menjadi branding Sumsel.

Menurut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Diabudpar) Provinsi Sumsel Irene Camelyn, mengungkapkan Sumsel ini kaya akan objek wisata. Untuk itu dibutuhkan branding Sumsel yang baru, setelah 2018 lalu memiliki branding yakni Visit Musi.

“Hari ini sudah kita putuskan, icon perahu ketek dan Sungai Musi jadi branding Sumsel,” ujarnya saat ditemui dikantornya selasa (14/2),

Dia juga mengatakan, icon branding tersebut memiliki warna gold (emas), merah dan biru. Selain itu juga sudah disepakati bersama dengan istilah Explore Your South Sumatra, yang artinya memberikan pilihan kepada wisatawan untuk menjelajah Sumsel.

“Brandingnya sudah ditentukan oleh Gubernur Sumsel dan itu nantinya tak hanya dipakai oleh pemerintah melainkan seluruhnya. Memang branding yang diperuntukan mempeomosikan Sumsel, branding ini terlebih dahulu dilakukan dengan penelitian, pendataan, analisa hingga logo,” jelas dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, banyak hal yang bisa diangkat untuk mempromosikan pariwisata Sumsel. Seperti halnya, antara Islam dan China sudah menyatu di Sumsel. Bahkan sejak zaman kerajaan Sriwijaya China sudah ada di Sumsel.

“Kita sudah putuskan bersama brandingnya pariwisata Sumsel dan seperti apa brandnya sudah disusun pihak Markplus Indonesia. Nantinya ini akan kita sosialisasikan, sebab untuk mempromosikan suatu daerah harus ada brandnya terlebih dahulu,” tegasnya.(MDN)