PALEMBANG,HS – Awal Maret 2019, Lembaga survei asal Australia Roy Morgan memberikan prediksinya untuk pemilu di Indonesia yang akan digelar 17 April 2019. Menurut Roy Morgan, petahana bakal menang hampir di semua wilayah khususmya Sumatera Bagian Selatan.

Dilihat dari survei Roy Morgan Jokowi unggul dibanding Prabowo. Elektabilitas Jokowi sebesar 51 persen dan Prabowo 49 persen. Lalu di Sumatera Bagian Utara
Jokowi 51,1 persen dan Prabowo 48,5 persen. Dan di Sulawesi Jokowi 63 persen
Dan Prabowo 37 persen. Juga di Jawa Tengah dan Jawa Timur Jokowi juga unggul dari Prabowo.

“Jokowi memiliki dukungan pedesaan yang kuat sementara Prabowo kompetitif di daerah perkotaan,” kata Michele Levine, Chief Executive Officer Roy Morgan seperti dikutip dari www.roymorgan.com awal Maret lali.

Jajak Pendapat Roy Morgan tentang pemilihan Presiden dan Parlemen Indonesia ini dilakukan pada Januari 2019 dengan responden di seluruh Indonesia yang terdiri dari 1.039 pemilih berusia 17+. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dilakukan di 17 provinsi. Kurang dari 1 persen pemilih di jajak pendapat ini yang tidak dapat mengatakan siapa yang mereka dukung.

Menanggapi hasil survei Roy Morgan tersebut, Tim Relawan Sumsel Bersatu Menangkan Jokowi – Ma’ruf, Erwin Sahputera menyatakan hasil survei ilmiah, apalagi yang dikeluarkan oleh lembaga seperti Roy Morgam pasti akan menjadi referensi kredibel bagi timnya. Hal itu juga membuatnya yakin Jokowi – Amin akan menang di Banten.

“Ini akan jadi penyemangat relawan untuk mengantarkan Pak Jokowi kembali jadi Presidem kedua kali, di Sumsel suara Jokowi pasti akan menang,” katanya.