PALEMBANG,HS-Hasil Lembaga survey, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang, menunjukan Pasangan incumbent H. Harnojoyo – Fitrianti Agustinda unggul atas pesaing-pesaingnya.

Survey yang dilakukan pada 24 hingga 31 agustus ini menggunakan sample 450 orang dengan usia diatas 17 tahun, dengan margin eror 4,7 persen.

Menurut data yang mereka himpun, jika pilkada dilakukan hari ini, dengan menggunakan 10 nama, incumbent Harnojoyo unggul dengan 38,2 persen, disusul Sarimuda dengan 30 persen, Lury Elza Alex Noerdin 3,1 persen, Fitrianti Agustinda 2,7 persen, dan Mularis Djahri 0,9 persen.

Sementara jika dikerucutkan menjadi empat nama, Harnojoyo tetap unggul dengan perolehan suara 40,9 persen, disusul Sarimuda dengan 32,7 persen, lalu diikuti Lury Elza Alex Noerdin dengan 3,3 persen, dan terakhir Mularis Djahri 1,1 persen. Jika dikerucutkan lagi menjadi dua nama,  Harnojoyo jauh unggul dengan perolehan suara 42,9  persen diatas pesaingnya Sarimuda yang memperoleh 34,7 persen suara.

jika survey dilakukan berpasangan, lagi-lagi pasangan incumbent unggul dari pesaingnya. Harnojoyo – Fitrianti Agustinda unggul telak dengan perolehan suara 41,8 persen, sementara Sarimuda – Abdul Rozak memperoleh suara 28,4 persen, dan Mularis Djahri – Lury Elza hanya mendapat 3,8 persen. Sementara sebanyak 22 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti SRMC ,Djayadi Hanan, PhD.
menjelaskan keunggulan incumbent dari calon lainya dikarenakan tiga faktor, yang pertama tingkat popilatiratas cukup tinggi dan diiringi dengan tingkat kesukaan masyarakat kepada Harnojoyo maupun Fitrianti Agustinda, faktor kedua sejumlah program yang dijalankan pasangan ini dinilai positif oleh masyarakat, dan faktor ketiga yaitu kepuasan masyarakat terhadap pasangan ini cukup tinggi.

“Harnojoyo memiliki popularitas hingga 92 persen dan tingkat kesukaan mencapai 81 persen, begitu juga dengan Fitrianti Agustinda memiliki popularitas 70 persen dan tingkat kesukaan mencapai 82 persen, ini lah menjadi modal utama mereka unggul atas calon lainnya” Terang Djayadi Hanan.

Ditambahkannya, faktor berikutnya yaitu terkait program yang mereka jalankan, baik program infrastruktur, maupun program sosial keagamaan seperti gotong royong dan safari subuh, dan program menuju Palembang Emas yang diangap berhasil oleh masyarakat Palembang, tingkat kepuasan masyarakat mencapai 93 persen, dan hanya sekitar 5 persen masyarakat yang menyatakan kurang puas.Tandas  Djayadi Hanan.(Atmo)