PALEMBANG,HS – Perbaikan jembatan Ogan Lama yang tertabrak kapal tongkang beberapa waktu lalu terpaksa harus dilakukan lebih lama. Pasalnya, pengiriman sejumlah material dan peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki jembatan tertunda lantaran larangan melintas angkutan barang selama arus mudik Lebaran 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Satker Metropolis BBPJN wilayah V Kementerian PUPR, Suwarno mengatakan rencananya pengerjaan perbaikan sudah dimulai pada H+4 Lebaran atau 19 Juni lalu. Hanya saja, pengiriman barang material dan peralatan tidak bisa dilakukan lantaran dilarang melintas saat arus mudik. Sehingga proses pengiriman barang ditunda hingga selesai arus mudik.

“Tadinya kami mau mempercepat pelaksanaan perbaikan. Tapi karena ada kendala pengiriman, terpaksa pekerjaannya tertunda,” ujarnya jumat (29/7/2018)

Suwarno mengatakan barang yang dibutuhkan sudah dilakukan pengiriman dan akan tiba di Palembang dalam waktu dekat. Proses pelaksanaan perbaikan nantinya langsung dilakukan setelah material yang dibutuhkan datang. “Mungkin dalam waktu dekat ini. Sekitar awal Juli sudah datang. Nantinya langsung dikerjakan perbaikan jembatannya,” katanya.

Dijelaskan Suwarno, akibat tabrakan beberapa waktu lalu, salah satu pilar jembatan mengalami keretakan yang cukup lebar. Bahkan jembatan sampai bergeser hingga 2 cm. Lebar keretakannya pun mencapai 6 cm dengan panjang sekitar dua meter. Kondisi itu membuat jembatan tidak bisa menanggung beban yang berat.

“Jembatan terpaksa kami tutup untuk sementara waktu sampai proses perbaikan selesai dilakukan. Untuk kendaraan roda empat keatas. Kalau motor masih bisa lewat. Mobil dan truk kami alihkan ke jembatan yang ada di sebelahnya,” terangnya

Menurut Suwarno, proses perbaikan jembatan hanya dilakukan pada bagian yang tertabrak. Dia menambahkan kejadian tabrakan itu hanya merusak bagian pilar yang tertabrak dan tidak membuat kerusakan pada komponen jembatan lainnya.

“Perbaikan hanya pada yang rusak saja. Kami upayakan secepatnya. Kemungkinan pertengahan atau akhir Juli sudah selesai diperbaiki dan jembatan bisa dilintasi seperti biasa,” pungkasnya