unnamedPALEMBANG,HS – Untuk Mencegah Terjadinya Bencana Alam seperti longsor dan banjir Di Sumatera selatan (sumsel), Dinas Sosial Sumsel Meresmikan kantor Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Sesuai intruksi dari Menteri Sosial.

Tagana yang diresmikan ini pun siap tiba 1 jam ke lokasi bencana tersebut.

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Belman Karmuda Menyampaiakan. Tagana ini dapat digerakkan ketika adanya bencana yang terjadi. Jadi sesuai intruksi Kemensos, satu jam setelah bencana, Tagana sudah tiba di lokasi bencana.

“Dengan diresmikannya Mako Tagana Sumsel yang berada di halaman depan Dinsos Sumsel ini tentunya dapat membuat Tagana yang berada di kabupaten/kota menjadi bangga. Selain itu identitas Tagana Sumsel menjadi lebih jelas.” ujarnya usai menggelar pisah sambut Kadinsos Sumsel dan peresmian Mako Tagana Sumsel, di Dinsos Provinsi Sumsel, Selasa (22/11).

Lanjutnya.Mako Tagana ini sendiri dibangun dari dana swadaya dan ini akan membuat kawan-kawan di kabupaten/kota bangga dengan memiliki mako yang jelas,

Terkait amanah yang diberikan Gubernur terhadapnya untuk menjadi Plt Kadinsos Sumsel menurutnya, dengan adanya kewenangan dan amanah dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, ia siap meneruskan kebijakan-kebijakan yang sebelumnya dilakukan Pak Apriyadi.

“Tentunya ini amanah dan saya siap meneruskan kebijakan maupun program yang sudah ada.
Untuk jangka panjang, program masalah kemiskinan merupakan tugas pokok Dinsos,” urainya.

Sementara itu mantan Kepala Dinas Sosial mengatakan.Mengenai jabatan Plt Kadinsos Sumsel yang saat ini dipimpin Belman Karmuda,dirinya meminta kepada Belman untuk meneruskan program-program yang sudah. Selain itu, program-program selanjutnya juga harus diteruskan.

“Jadi program-progran yang sudah ada ini memang ada kelebihan dan ada kekurangan, sehingga perlu dibenahi kembali. Apalagi kedepan ada kewenangan yang sebelumnya di kabupaten/kota ke provinsi,” tuturnya.

Ia mencontohkan, seperti pelayanan kepada masyarakat terhadap panti. Selama ini terdapat sekitar 11 panti dan itu semua kembali ke provinsi. Dengan adanya itu, Dinsos Sumsel tentunya memerlukan anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM).(MDN)