PALEMBANG,HS – Aliansi Untuk Indonesia Cerdas melalukan aksi di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Senin (13/5/2019).
Para aliansi ini menangih janji Gubernur Sumsel Herman Deru saat pencalonan sebagai calon Gubernur Sumsel periode 2018-2023.
Koordinator Aksi Ade Indra Chaniago mengatakan, bahwa Herman Deru berjanji akan menghidupakan sekolah gratis, artinya sekolah benar-benar gratis tidak ada pungutan.
“Faktnya apa yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sumsel dengan menetapkan 29 sekolah menegah keatas boleh melakukan pungutan biaya perbulan,” ujarnya
Menyikapi hal tersebut maka aliansi untuk Indonesia Cerdas menyatakan lima sikap atau tuntuan yaitu
1. Sekolah adalah tempat belajar, bukan pasar tempat mencari untung
2. Tolak segala macam bentuk pungutan bertopeng komite dengan alasan apapun
3. Tolak kebijakan sekolah berbayar
4. Maksimalkan anggaran pendidikan minimal 20 persen sesuai amanat undang-undang
5. Transparansi pengelolaan dana
Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru yang menerima para aksi mengatakan, bahwa 29 sekolah yang diajukan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo tersebut masih wacana. Masih dalam tahap dewan pendidikan dan lain-lain.
“Sumsel ini bukan hanya soal sekolah gratis, tapi kualitasnya juga harus naik dan berkeadilan.
Kalau ada sekolah yang ber ac, sedangkan yang lain berpanas-panasan ya tidak adil kalau mereka juga di gratiskan,” tutupnya
Sebelumnya, Mulai tahun ajaran baru 2019/2020 nanti khusus untuk masuk beberapa jenjang pendidikan SMA sederajat di Sumsel akan dipungut biaya perbulan.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd. Rabu (24/4/2019).
Menurutnya, akan ada sebanyak 27 SMA se-Sumatera Selatan yang masuk kategori mandiri Kabupaten/Kota yang mulai tahun ajaran baru ini akan dipungut biaya.
“Pungutan ini diatur berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel. Untuk nominal pungutan nantinya diperbolehkan maksimal Rp1 juta persiswa untuk setiap bulan,” katanya
Adapun sebanyak 27 SMA Negeri Mandiri Kabupaten/Kota di Sumsel yang diperbolehkan melakukan pungutan perbulan yakni diantaranya Palembang: SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 8,  Pagaralam: SMAN 1, SMAN 4, Prabumulih: SMAN 1 Lubuklinggau, Pali: SMAN 2 Talang Ubi, OKU Timur: SMAN 1 Belitang, SMAN 3 Martapura, SMAN Semendawai Suku III, SMAN 1 Belitang III.
Kemudian, OKU: SMAN 4 OKU, OKI: SMAN 1 Kayuagung, SMAN 3 Kayuagung, OI: SMAN 1 Indralaya Utara, Musi Rawas: SMAN 1 Megang Sakti, SMAN 2 Muara Beliti, Muba: SMAN 2 Sekayu, Muara Enim: SMAN 1 Muaraenim, SMAN 2 Muaraenim, Lahat: SMAN 4 Lahat, Empat Lawang: SMAN 1, Banyuasin: SMAN 2 Banyuasin III.