PALEMBANG,HS – Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Tahun depan akan mengevaluasi titik macet jelang mudik dan balik lebaran dikarenakan masih banyak kemacetan terjadi di beberapa titik di Sumsel salah satunya di Jalan Lintas Palembang menuju Indralaya. Lantaran, banyaknya kendaraan melintas dan kondisi jalan yang dinilai masih kurang memadai.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nasrun Umar digriya agung senin (1/7),

“Ya, memang arus mudik dan balik tahun 2017 ini tidak sehdashyat tahun 2016 lalu karena itu posko pemantauan sudah dihentikan. Namun, memang dari hasil evaluasi masih ada beberapa titik pada arus mudik dan balik yang masih terjadi kemacetan salah satunya di Jalan Palembang menuju Indralaya,” ujar Nasrun

Ia juga mengatakan, Kemacetan ini terjadi dikarenakan jalur tol Palembang-Indralaya (Palindra) hanya dibuka satu seksi dan satu jalur sehingga tidak ada opsi jalan lain lagi.

“Kalau tol Palindra ini selesai maka kemacetan pun dapat terhindar,” katanya

Kedepan ia juga tidak menutup kemungkinan nantinya akan dibuat rekayasa seperti buka tutupnya jalur tol agar terhindar dari kemacetan.

Ia juga menambahkan, pihaknya juga belum mengetahui detail kendaraan yang masuk ke Sumsel dan yang terjadinya kecelakaan. Namun, pihaknya telah berupaya mengantisipasi terjadinya hal tersebut terutama untuk kendaraan angkutan umum.

“Kami telah melakukan ramp cek pada angkutan lebaran, dan kami juga telah memeriksa pengemudi dan lain sebagainya. Tentu ini upaya agar terhindar dari kecelakaan,” tegasnya.

Meskipun begitu, kecelakaan bisa saja terjadi kapan dan dimana pun. Tapi, yang jelas Dishub Sumsel telah melaksanakan dan memenuhi tugas.

“Saya tidak mengetahui berapa angkutan umum yang tidak diperbolehkan jalan karena tidak lolos saat ramp cek. Tapi, memang setiap Dishub Kabupaten/Kota itu melaporkannya ke Dishub Sumsel,” tegasnya (MDN)