Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, Drs Abu Hanifah.

PALI, HS – Sebanyak 19 sekolah yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada gelaran Ujian Nasional April dan Mei 2017 mendatang.

Rinciannya, 6 sekolah untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sisanya tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Drs Abu Hanifah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, Senin (13/2).

Abu Hanifah, didampingi Joko, Kasi Kurikulum Disdik PALI menjelaskan bahwa jumlah tersebut mengalami kenaikan setelah tahun sebelumnya di Kabupaten PALI hanya ada satu sekolah yang mampu menggelar UNBK, yaitu SMK N 1 Penukal.

“Tahun ini ada 19 sekolah, 6 tingkat SMP dan 13 tingkat SMA yang siap menggelar UNBK. Meski ke-19 sekolah tersebut didominasi dari kecamatan Talang Ubi, namun setidaknya setiap kecamatan sudah ada sekolah yang siap menggelar UNBK,” jelasnya.

Kendati demikian, Abu mengakui masih memiliki kendala dalam pelaksanaan UNBK nanti.

“Selain perangkat komputer yang masih minjam, Jaringan internet di Kabupaten PALI juga belum kuat, apalagi di beberapa daerah sinyal masih hilang-hilang. Makanya ada beberapa sekolah yang induk dalam pelaksanaan UNBK-nya,” tambahnya.

“Misal, antara SMA PGRI Talang Ubi dan SMP Negeri 1 Talang Ubi, jaraknya dekat sedangkan jadwalnya berbeda maka pelaksanaan UNBK untuk SMA PGRI akan digelar di SMP N 1 Talang Ubi. Begitu pula, ada SMP N 1 Tanah Abang yang akan melaksanakan UNBK di SMA N1 Tanah Abang,” bebernya.

Yang penting, sambung Abu, jarak tempuh antar sekolah satu sama lain tidak lebih dari 5 Km dan jadwalnya tidak sama.

Diketahui, penyelenggaraan UN dijadwalkan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017, dengan rincian untuk SMK pada tanggal 3 s.d 6 April 2017. Untuk SMA/MA pada tanggal 10 s.d 13 April 2017. Sedangkan UN untuk SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Sementara itu, Irwan, S.Pd MSi, Kepala SMAN 2 Unggulan Talang Ubi mengatakan jika pihaknya sudah siap untuk menggelar UNBK di sekolahnya sendiri.

Kendati demikian, dirinya mengaku masih kesulitan dalam  perlengkapan perangkat komputer untuk digunakan ketika UNBK nanti.

“Jaringan kita harus LAN, artinya harus menyambung internet dengan menggunakan kabel bukan menggunakan wireless. Kemudian juga, kita disini belum ada jaringan yang kuat, sehingga kami saat ini sedang berusaha dengan pihak Telkom untuk bisa membantu memaksimalkan jaringan internet terutama ketika UNBK berlangsung,” terang Irwan.

Irwan juga berharap pihak terkait seperti PLN dan Telkom untuk bisa membantu dalam menyukseskan pelaksanaan UNBK di Kabupaten PALI.

“Jangan sampai nanti ketika pelaksanaan UNBK, mati lampu. Memang, kita sudah mengantisipasi dengan menggunakan mesin genset, namun itukan jadi tidak efektif karena suara mesin yang nantinya bisa membuat para peserta ujian tidak konsentrasi,” harapnya.

Sekedar informasi, untuk di Kecamatan Talang Ubi ada 10 sekolah yang menggelar UNBK, untuk Kecamatan Penukal ada 3 sekolah. Kecamatan Tanah Abang, Abab dan Penukal Utara masing-masing 2 sekolah yang menggelar UNBK. Data tersebut baik tingkat SMP maupun SMA. (MAN)