PALEMBANG,HS – Perolehan medali emas kontingen Indonesia belum terhenti. Sempat mandek, pundi-pundi emas Indonesia kembali bertambah di hari ke-14 Asian Games 2018. Medali emas dipersembahkan cabang olahraga sepak takraw.

Menghadapi Jepang di partai final nomor quadrant putra di Ranau Sport Hall, kompleks Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu 1 September 2018, Indonesia menang 2-1 (15-21, 21-14 dan 21-16).

Meski berstatus sebagai tuan rumah dan lebih diunggulkan, tidak membuat Indonesia menang dengan mudah. Sempat mengawali pertandingan dengan baik, Indonesia justru tertinggal lebih dulu di pertengahan game pertama.

Jepang yang mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga mampu mengejutkan tuan rumah. Indonesia yang selalu tertinggal dari 9-15 dan 13-19 gagal mengejar. Indonesia takluk 15-21.

Memasuki game kedua Indonesia yang lambat panas juga sempat tertinggal 2-5. Namun berkat gemuruh dukungan para penonton membuat Indonesia mampu mengejar ketertinggalan dan berbalik memimpin 7-6.

Keunggulan Indonesia terus bertahan. Game kedua dimenangkan tim Merah Putih 21-14. Kedudukan 1-1 memaksa game ketiga harus dipertandingkan. Dalam game penentuan ini Indonesia jauh lebih siap.

Langsung memimpin 3-0, keunggulan Indonesia terus dipertahankan. Dalam posisi tertekan, Jepang selalu gagal memangkas jarak dan game ketiga sukses dimenangkan Indonesia 21-16.

Dengan raihan satu medali emas, Indonesia menutup pertandingan sepak takraw dengan manis. Selain medali emas di nomor quadrant, Indonesia juga meraih satu medali perak dan tiga perunggu.

Medali perak disumbangkan tim putra di nomor regu. Sementara medali perunggu masing-masing diraih di nomor tim regu dan ganda putra serta tim quadrant putri.