LAHAT,HS – Kabupaten Lahat dilanda bencana, tanah longsor tutupi jalur utama dari kota Lahat menuju kota Pagaralam, selain longosr musibah banjir juga terjadi dibeberapa kecamatan dan telah merendam ratusan rumah penduduk. Kamis, (09.01.2020).

Longsor di desa Tanjung Mulak, kecamatan Pulau Pinang, Lahat, selain sebabkan kendaraan tak bisa melalui jalur dimaksud kendaraan yang melintas pada saat kejadian berlangsung terjebak tertimbun material tanah.

Petugas satuan lalu lintas Polres Lahat melakukan pengalihan arus lalu lintas tujuan kota Besemah Pagaralam, melalui jalur alternatif Gumay Ulu. Disimpang tiga desa Muara Siban, kecamatan kota Lahat, pengendara bakal dipandu petugas yang sudah berjaga.

Sementara di desa Lubuk Sepang, kecamatan Pulau Pinang, Lahat ratusan rumah terendam air, dipastikan perabotan rumah mengalami kerusakan. Sama halnya di desa Gunung Kembang, Bungamas, kecamatan Kikim Timur, Lahat ratusan rumah terendam banjir.

Selain itu, wilayah yang terdampak banjir juga menimpa warga di kelurahan pasar bawah, kecamatan gumai talang, Kabupaten Lahat.

Sebagai informasi langsung, satuan lalu lintas menyebar video himbauan kepada warga masyarakat maupun pengendara perihal situasi terkini di lokasi kejadian.

Kasat lantas Polres Lahat AKP Rio Artha Luwih SIK dibincangi menjelaskan, titik longsor berada tidak jauh dari titik longsor yang terjadi pada Minggu, (05.01.2020) lalu, kali ini diterangkan kasat ada dua titik longsor.

“Kejadian longsor kali ini tidak jauh dari lokasi kejadian pertama waktu lalu, kali ini ada dua titik longsor. Anggota sudah kita arahkan ke lokasi, kami terus pantau perkembanganny,” ujar Kasat.

Dikatakan Kasat, dalam insiden ini memang ada kendaraan jenis minibus yang terjebak di lokasi kejadian. Namun, tidak ada korban jiwa. sementara dijelaskan Rio, kendaraan tujuan kota Pagaralam dialihkan melalui jalur alternatif Gumay Ulu.

“Ya ada kendaraan yang terjebak diantara material longsor, tidak ada korban jiwa. Sementara kendaraan kita arahkan melalui jalur alternatif Gumay Ulu, apabila tujuan ke kota Pagaralam. Tetap berhati hati, bila hujan masih deras berhentilah di tempat yang aman,” himbaunya.

Saat berita ini diurunkan, situasi di kabupaten Lahat masih diguyur hujan lebat. (PS/RON)