Pemain muda Brazil, Gabriel Jesus (nomor 9) bersama rekan-rekannya merayakan golnya ke gawang Venezuela.

Pemain muda Brazil, Gabriel Jesus (nomor 9) bersama rekan-rekannya merayakan golnya ke gawang Venezuela.

MERIDA, HS – Menghadapi timnas Venezuela di Estadio Olimpico Metropolitano de Merida, Selasa (11/10) pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018, tim Samba Brazil tak diperkuat striker Barcelona, Neymar yang terkena akumulasi kartu.

Namun demikian, Brazil tetap tampil meyakinkan dan sukses membawa poin penuh hasil kemenangan 0-2. Keunggulan Brazil disumbangkan oleh pemain muda Gabriel Jesus yang mencetak gol di babak pertama dan Willian di babak kedua.

Jalannya pertandingan berlangsung cukup sengit, Brazil tampil menyerang dan Venezuela melayani permainan terbuka Brazil dengan sesekali memberi ancaman ke area pertahanan Brazil.

Kiper Venezuela, Dani Hernandez membuat blunder pada menit ke-8. Operan yang ditujukannya ke rekannya, berhasil dicuri Gabriel Jesus. Striker muda yang memperkuat klub Brazil, Palmeiras ini dengan keterampilannya men-chip bola melewati kepala penjaga gawang Dani Hernandez.

Bola pun masuk ke gawang dan merubah skor menjadi 0-1 untuk Brazil.

Keunggulan satu gol ini membuat pemain Brazil semakin bersemangat memborbardir lini belakang Venezuela. Namun demikian hingga turun minum tak ada lagi gol yang tercipta.

Di babak kedua, Brazil kembali mendominasi pertandingan. Pada menit 53, Willian sukses menggandakan keunggulan. Pemain Chelsea tersebut dengan sempurna berhasil menkonversi umpan silang Renato Augusto menjadi gol. Brazil unggul 0-2.

Tuan rumah Venezuela coba membalas gol dari tim tamu. Di menit 69, Josef Martinez nyaris menggetarkan gawang Brazil andai tendangannya usai memanfaatkan umpan lambung Solomon Rondon tak menyamping.

Pertandingan sempat dihentikan beberapa menit akibat padamnya lampu stadion. Setelah listrik kembali berhasil dinyalakan, pertandingan tetap berlangsung sengit dengan saling jual beli serangan.

Wasit pun meniup pluit yang mengakhiri pertandingan, skor 0-2 untuk kemenangan Brazil.

Dengan hasil ini, Brazil memuncaki klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, dengan 21 poin. Brazil berhasil menggeser Uruguay yang ditahan tuan rumah Kolombia dengan skor 1-1.

Sementara, kekalahan ini membuat Venezuela kian terpuruk di dasar klasemen dengan hanya mengumpulkan dua poin. (MIM)