Inilah tarian khas asal, Palembang yang ditampilkan di Nusantara Expo dan Forum 2016

Inilah tarian khas asal, Palembang yang ditampilkan di Nusantara Expo dan Forum 2016

PALEMBANG, HS – Tarian khas Palembang jadi pembuka Nusantara Expo dan Forum 2016, yang berlangsung di pelataran Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (19/10). Nusantara Expo dan Forum 2016 kali ini bertajuk Revolusi Mental Mengembangkan Budaya Kreatif untuk Ketahanan Ekonomi dan Daya Saing.

Acara yang diselenggarakan hingga 23 Oktober 2016 merupakan kerja sama Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo memberi aplaus panjang saat tari Palembang binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang dipentaskan.

Tarian arahan koreografer muda Heriyandi S.Pd., M.Sn, lulusan Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Surakarta (Solo), ini memberikan tampilan terbaik di acara pembuka.

Di depan ribuan mata peserta dari seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia, tarian ini menggambarkan cerita masa jaya Kerajaan Sriwijaya. Para penari mengenakan pakaian kebesaran Kerajaan Swijaya yang didominasi warna merah dan hitam terdiri. Gerakan tari mengikuti iringan musik tradisional Sumsel, yakni kenong (alat musik mirip gamelan). Tarian ini terdiri atas beberapa babak.

“Tujuh penari laki-laki itu binaan Disbudpar Palembang,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Kota Palembang, Lisa Surya Andika, Jumat (21/10).

Diceritakan, Raja Kerajaan Sriwijaya pertama Dapunta Hyang melakukan perjalanan menaklukan kerajaan dan membangun kerajaan maritim. Kekuasaan Dapunta Hyang kian meluas dan berkembang.

Tarian ini memukau, tak hanya Mendagri Tjahjo Kumulo dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

“Ini menjadi momen bagi Pemkot Palembang untuk mempromosikan seni dan budaya kita,” ujar Harnojoyo.

Ia menyatakan bangga seni tari Palembang jadi pembuka di acara yang diikuti kota dan kabupaten di Indonesia ini.

“Palembang juga akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Tentu ini kebanggaan bagi kita,” ujar Harnojoyo pula. (udi)