Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Dampak kenaikan harga bawang putih per kilogram di pasaran Kota Palembang yang mencapai 2 kali lipat membuat banyak warga mengeluh dengan harga bawang tersebut.
Melalui keputusan Menteri Perdagangan dalam kesepakatan dengan pelaku usaha untuk menekan harga bawang putih membuat kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan langsung melakukan sidak guna memastikan harga bawang di pasaran kembali normal.
1. Dalam sidak temukan harga bawang masih melambung
Dari beberapa tempat yang dilakukan sidak terdapat satu Mall di Kota Palembang yang masih menjual harga bawang putih diatas harga kesepakatan. Hal itu terjadi saat kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, H Yustianus melakukan kunjungan ke beberapa pusat perbelanjaan di Palembang, Jumat (10/2/2019).
“Dari beberapa tempat yang kita lakukan sidak ditemukan ada yang masih menjual bawang putih diatas harga kesepakatan yakni berkisar harga Rp 70 ribu. Sidak ini utamanya untuk mengecek harga bawang putih tadi harganya masih tinggi sehingga kita minta harga kesepakatan segera diterapkan yakni Rp 35 per kilogram,” kata Yustianus.
2. Kesepakatan antara pelaku usaha, distributor dan Kementerian
Kementerian Perdagangan melalui intruksi meminta harga-harga segera turun. Menurut Yustianus, hasil kesepakatan Kementerian Perdagangan tersebut dilakukan dengan pelaku usaha, distributor dan importir dimana pada tangal 10 Mei semua harga bawang kembali normal.
“Sudah jadi kesepakatan dari pelaku usaha, distributor, importir dan dari  kementerian perdagangan. Di mana sebelumnya ada rapat dan disepakati bahwa terhitung 10 Mei pelaku usaha harus menjual Rp 35 ribu,” jelas dia.
3. Lakukan impor bawang untuk tekan harga.
Diakui Yustianus penurunan harga saat ini juga merupakan dampak dari impor bawang putih. 4 daerah yang mendapat jatah impor bawang putih yakni Surabaya, Makasar, Semarang dan Medan.
“Untuk harga normal bawang putih itu Rp 25 – 30 ribu. Harapan kita dalam pekan ini harga sudah normal. Harga saat ini sudah terbantu harga impor yang sudah masuk ke 4 pelabuhan di 4 daerah, Surabaya, Makasar, Semarang, Medan,” jelas dia.
Selain memastikan harga bawang Putih Yustianus juga berkeliling melihat harga daging dan kebutuhan pokok lainnya yang rawan naik menjelang hari raya.
4. Satgas pangan akan awasi harga
Untuk memastikan harga tetap normal di pasaran Satgas Pangan yang merupakan tim gabungan baik dari unsur Kepolisian, TNI dan Kementerian akan melakukan pengawasan tidak ada permainan harga.
“Kita ada tim satgas pangan gabungan jika ada yang main-main tentu akan ditindak secara hukum,” jelas Yustianus.
5. Kebijakan terbaru dianggap bikin merugi.