Sukses menjadi juara Grup E, tim PON Sumsel melaju ke semifinal.

Sukses menjadi juara Grup E, tim PON Sumsel melaju ke semifinal.

BEKASI, HS – Tim sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Selatan berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 2-1 pada PON Jabar XIX yang digelar di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu, (23/9).

Gol Sumsel berhasil dilesakkan Yogi Novrian dan Ahmad Fatoni. Sementara itu gol semata wayang Jateng berhasil diciptakan Ragil Patut Widodo.

Pada babak pertama, kedua tim bermain dengan hati-hati. Pasalnya kondisi lapangan yang diguyur hujan menyebabkan kondisi lapangan licin.

Sumsel harus kehilangan penjaga gawang utama Teja Paku Alam setelah mengalami cidera pada pertengahan babak pertama dan harus digantikan oleh Jufriyanto.

Meski demikian, Sumsel tidak mengendorkan serangan untuk menciptakan keunggulan lebih dulu. Jelang berakhirnya babak pertama Yogi Novrian berhasil membawa Sumsel unggul 1-0 setelah melesahkan sepakan keras
dalam kotak penalti.

Tim lawan tidak tinggal diam, hanya kelang satu menit Jateng berhasil menyamakan kedudukan setlah terjadi kemelut di dalam kotak pinalti.

Ragil Patut Widodo memanfaatkan peluang dengan baik sehingga kedudukan 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, dilakukan sejumlah pergantian pemain untuk meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali penjaga gawang Jateng harus berjibaku untuk mengamankan gawangnya.

Sumsel akhirnya memastikan kemenangan melalu Ahmad Fatoni yang berhasil melepaskan tembakan jarak jauh dan membawa Sumsel unggul 2-1.

Hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan tak ada gol lagi yang tercipta. Kemenangan ini memastikan Sumsel lolos ke babak semifinal sebagai juara grup E.

Tim Papua juga lolos sebagai runner-up grup E setelah di pertandingan lain berhasil mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor 3 – 2.

Dengan hasil ini di partai semifinal Sumsel akan bertemu dengan runner-up Grup D Sulawesi Selatan, sementara tuan rumah Jabar selaku juara Grup D akan bertemu dengan Papua.

Dua partai semifinal ini akan dilaksanakan serentak pada Senin (26/9) pukul 15.30 WIB. (AND)